Tag

, , , , , , , , ,

image

Bismillahi rohmani rohiim.

فَلَا تُطِعِ الْكٰفِرِينَ وَجٰهِدْهُمْ بِهِۦ جِهَادًا كَبِيرًا
Maka janganlah engkau taati orang-orang kafir, dan berjuanglah terhadap mereka dengannya (Al-Qur’an) dengan (semangat) perjuangan yang besar.
[QS. Al-Furqan: Ayat 52]

Membaca Alquran al-Karim termasuk ibadah yang paling utama dan merupakan salah satu sarana yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

وَهُوَ الَّذِى مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَهٰذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَحِجْرًا مَّحْجُورًا
(Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir) secara berdampingan (yang ini tawar lagi segar) sangat tawar lagi menyegarkan (dan yang lain asin lagi pahit) asin sekali sehingga rasanya pahit (dan Dia jadikan antara keduanya dinding) batas yang menyebabkan kedua air tersebut tidak membaur, antara yang satu dengan yang lainnya (dan batas yang menghalangi) yakni penghalang yang mencegah keduanya untuk bercampur.
[QS. Al-Furqan: Ayat 53]

Akar bahasa arab surat Al Furqan ayat 53-54.
Karena Al Quran ditulis dalam bahasa arab. Kata Arab mungkin memiliki berbagai makna tergantung pada konteks, maka harus dilihat dari segi perspektive akar bahasa arab.

Kata مِلْحٌ “mil-hun” dalam surat Al Furqan ayat 53 diatas berarti asin berasal dari akar kata dalam bahasa arab :
م-ل-ح
Meem-Lam-HA :
To suckle or give suck, to be saltish or bitter, to become fat, to be goodly/beautiful/pretty, pleasing to the eye or ear, inclining to gray or whiteness, adopt one as a foster brother.
Jadi selain “asin” juga bermakna “To suckle or give suck” yang berarti “Menyusu atau menyusui” (lihat juga tabel disini).

Dan بَرْزَخًا barzakhaw berakar dari bahasa arab
ب-ر-ز-خ
Ba-Ra-Zay-Kha :
a thing that intervenes between two things, a bar/obstruction that makes a separation, the interval between the present and that which is to come, from the period of the death to the resurrection, what is between doubt and certainty.

Serta حِجْرًا dari akar kata
ح-ج-ر
HA-Jeem-Ra :
To deprive from, harden, hide, resist, forbid, prevent, hinder, prohibit access (to a place). To prevent/hinder/debar/withhold/restrain from a person or thing, prohibit/forbid/inhibit/interdict, to make boundary or enclose a thing, burn a mark around the eye of a camel or beast, to surround, make a thing unlawful or unallowable to a person, to be emboldened or encouraged, to slaughter by cutting the throat. hajar – a rock/stone or mass of rock, partition.

Dalam english dictionary definisi dari “partition” berarti:
An action which divides a thing into parts, or separates one thing from another.

Jika pertemuan dua laut asin ayat diatas hanya dikatakan ada “barzakh” atau dinding (barrier), maka ketika membicarakan air tawar dan asin bertemu, Allah menekankan selain “barzakh”, ada pula “hijran” atau partisi/pembatas.

Seperti diketahui bahwa ketika sungai dan laut bertemu, ada suatu daerah yang dinamakan “estuari” sebagai pembatas air laut yang asin dengan air sungai yang tawar.

imageDiagram Estuari, sebagai pembatas antara air asin dan air tawar.Diagram Estuari, sebagai pembatas antara air asin dan air tawar.

Diagram Estuari, sebagai pembatas antara air asin dan air tawar.

Pada ayat berikutnya dari surat Al Furqan ayat 54, Allah berfirman perihal penciptaan manusia dari air.

وَهُوَ الَّذِى خَلَقَ مِنَ الْمَآءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ ۥ نَسَبًا وَصِهْرًا ۗ وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا
Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (mempunyai) keturunan dan musaharah dan Tuhanmu adalah Mahakuasa.
[QS. Al-Furqan: Ayat 54] Dept. Agama Rep. Indonesia

Kata نَسَبًا berasal dari akar kata
ن-س-ب
Noon-Seen-Ba :
to give or ask one’s genealogy, ask the pedigree or linage (garis keturunan / anak.) of, kinship, relationship.

image


Tafsir Ibn Kathir perihal Al-Qur’an Surah Al-Furqaan (Pembeda) ayat 53-54.

Ayat 53 Firman Allah Ta’ala:
wa Huwal ladzii marajal bahraini Haadzaa ‘adzbun furaatuw wa Haadzaa mil-hun ujaaj (“Dan Dialah yang menbiarkan dua laut mengalir [berdampingan]; yang ini tawar dan segar dan yang lain asin lagi pahit.”) yaitu Dia menciptakan dua air, tawar dan asin. Air tawar itu seperti sungai-sungai, mata air dan sumur-sumur. Dan ini adalah lautan yang manis, tawar lagi segar dan murni. Hal ini dikatakan oleh Ibnu Juraij dan dipilih oleh Ibnu Jarir.

ayat 53 (cont’..) Firman-Nya: wa Haadzaa milhun ujaaj (“dan yang lain asin lagi pahit”) yaitu asin dan sangat pahit yang sulit dicerna.

Rasulullah saw. bersabda ketika ditanya tentang air laut, apakah kita boleh berwudlu dengannya? Beliau menjawab: “Airnya suci dan bangkainya halal.” (Diriwayatkan oleh Imam Malik, asy-Syafi’i, Ahmad dan Ahlus Sunan dengan isnad yang jayyid [baik])

Ayat 53 (cont’…) Firman Allah:
wa ja’ala bainaHumaa barzakhaw wa hijran (“Dan Dia jadikan di antara keduanya dinding dan pembatas.”) yaitu di antara tawar dan asin; barzakhan (“dinding”) yaitu tanah kering; wa hijram mahjuuran (“Dan batas yang menghalangi”) yaitu yang mencegah sampainya salah satu rasa itu kepada rasa yang lainnya.

Ayat 54 Firman Allah Ta’ala:
wa Huwal ladzii khalaqa minas samaa-i basyaran (“Dan Dia [pula] yang menciptakan manusia dari air…”) yaitu Dia ciptakan manusia dari nuthfah yang lemah , lalu disempurnakan dan diluruskan-Nya serta dijadikan-Nya dalam bentuk yang sempurna, laki-laki dan perempuan sesuai dengan kehendak-Nya.
Wa ja’alaHuu nasabaw wa shiHran (“Dan Dia jadikan manusia itu keturunan dan ke-mertua-an.”) yaitu dalam permulaan urusannya, dilahirkana seorang anak keturunan.

Semua itu berasal dari air yang hina. Untuk itu Allah Ta’ala berfirman: wa kaana rabbuka qadiiran (“Dan adalah Rabbmu Mahakuasa.”).

Apabila membaca ayat ayat surat Al Furqan yang berdampingan diatas secara berurutan mungkin sekilas kita akan bertanya ; apa relevansi serta hubungan kedua ayat (53) dan (54) dalam surat Al Furqan tersebut diatas?

Disatu pihak
■ Q.S. 25:53 membicarakan dunia “Oceanology, tentang dinding/batasan yang dari dua jenis air yang berdampingan di estuari“, … tapi dilain pihak

■ Q.S. 25: 54 membicarakan dunia “mikro Biologi, tentang penciptaan manusia dari air” serta “keturunannya“.

Sekilas mungkin kelihatannya kedua ayat tersebut membahas tema yang berbeda tidak saling berhubungan. Tetapi apabila diperhatikan lebih dalam terdapat persamaan subyek yang menghubungkan kedua ayat sebagai benang merah yaitu “air” – air laut dan air nuthfah.

image

Dalam rangka men-tadabburi Al Quran mari kita jelajahi dunia mikro sesuai petunjuk di Al Quran berikut:

وَفِى الْأَرْضِ ءَايٰتٌ لِّلْمُوقِنِينَ
Dan di bumi terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang yakin,
وَفِىٓ أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ
dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?
[QS. Az-Zariyat: Ayat 20-21]

وَعِنْدَهُ ۥ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِى ظُلُمٰتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِى كِتٰبٍ مُّبِينٍ
Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mafuz).
[QS. Al-An’am: Ayat 59]

Air-EZ. Penemuan wujud baru fase ke 4 air.

Sebuah tim peneliti di University of Washington mungkin telah menemukan rahasia air terbaru Tim Pollack Laboratory yang dipimpin oleh Gerald Pollack menemukan kondisi fase keempat dari air: selain fase padat, cair dan gas, para peneliti mampu mengidentifikasi keadaan fase keempat di mana air cair mengatur molekulnya ke bentuk heksagonal – “kisi kristal“.

image

Kondisi air yang disebut ”Air-EZ”, menunjukkan beberapa sifat yang menakjubkan yang bisa membuat pandangan kita tentang air berobah dan mungkin bisa menyelesaikan banyak misteri lama tentang teori air yang masih memiliki banyak kekurangan – yang disebut ‘anomali kimia’.

Hexagonal didalam makna angka 19 di Al Quran.

Air Hexagonal – Sebuah kristal cair.

Peneliti menemukan, bahwa permukaan air yang berdampingan langsung dengan permukaan bermuatan ion (misalnya polyacrylate, Nafione) atau bermuatan netral (misalnya polivinil alkohol, selulosa asetat) disebut sebagai Hydrophili material – seperti terdapat di tubuh kita – bisa berubah dan mengatur strukturnya secara mandiri serta mengusir sebagian besar zat terlarut dari solusi yang mungkin sampai beberapa ratus mikron jauhnya. Hal ini dapat divisualisasikan dengan menggunakan zat pewarna dengan berat molekul rendah, protein, tetesan cairan atau partikel berukuran mikron, garam atau zat terlarut lainnya.

image

Dipermukaan Hydrophili, air dibagi menjadi dua lapisan, dimana salah satu lapisan ditransformasikan ke dalam bentuk air jenis baru, yang secara drastis berbeda dari H20 biasanya. Air disepanjang permukaan Hydrophili membentuk struktur quasicrystalline yang sangat teratur, dalam bentuk hexagonal – struktur yang juga ditemukan dalam bentuk es dan beberapa kristal lainnya.

image

Berbeda dengan air H2O normal yang memiliki Molekul lepas yang bebas bergerak, berputar serta dapat membentuk kelompok cluster yang lebih besar untuk sementara dengan jangka waktu hanya sepersekian detik, Air-EZ adalah semacam kristal cair yang sangat solid bisa bertahan lama.

image

Air di EZ-Zona tegasnya sebenarnya bukan air. Karena rasio oksigen terhadap hidrogen tidak 1: 2 (H2O) seperti dalam air biasa, tetapi 2: 3 (H3O2), yang EZ-air secara kimiawi bentuk yang sama sekali berbeda dari definisi air biasanya.

Exclusion Zone EZ – wa hijram mahjuuran (“Dan batas yang menghalangi”) – dimensi mikro.

Q.S. 25:54. Dia jadikan antara keduanya dinding) batas yang menyebabkan kedua air tersebut tidak membaur, antara yang satu dengan yang lainnya (dan batas yang menghalangi) yakni penghalang yang mencegah keduanya untuk bercampur.

image

Pengaruh permukaan air pada fase cair yang saling berdampingan pada umumnya diasumsikan bahwa lebarnya tidak lebih dari beberapa lapisan molekul air. Tepian air (hidrasi shell) diperkirakan hanya setebal sekitar 2-3 lapisan molekul air. Sisanya merupakan lapisan molekul air yang tidak beraturan ( Inggris: BULK WATER ).

imageExclusion zone (EZ) merupakan wilayah batas ( arab: hijram, artinya: to make boundary or enclose a thing, burn a mark around the eye of a camel or beast, to surround, partition.) tanpa makromolekul dan partikel mikroskopis terbentuk secara spontan di sekitar permukaan hidrofilik. Gambar : formasi EZ sekitar Nafion gel tertanam di microfluidic devices.Exclusion zone (EZ) merupakan wilayah batas ( arab: hijram, artinya: to make boundary or enclose a thing, burn a mark around the eye of a camel or beast, to surround, partition.) tanpa makromolekul dan partikel mikroskopis terbentuk secara spontan di sekitar permukaan hidrofilik. Gambar : formasi EZ sekitar Nafion gel tertanam di microfluidic devices.

Exclusion zone (EZ) merupakan wilayah batas ( arab: hijram, artinya: to make boundary or enclose a thing, burn a mark around the eye of a camel or beast, to surround, partition.) tanpa makromolekul dan partikel mikroskopis terbentuk secara spontan di sekitar permukaan hidrofilik. Gambar : formasi EZ sekitar Nafion gel tertanam di microfluidic devices.

Ternyata, dari hasil ratusan percobaan menunjukkan bahwa struktur EZ-air yang teratur ini mempunyai tebal beberapa juta lapisan air, tim peneliti menemukan bahwa mulai dari sekitar permukaan hidrofilik, zona air bersih dan bebas dari segala zat terlarut koloid dan zat terlarut molekul lainnya mempunyai lebar mencapai hingga beberapa ratus mikrometer jaraknya.

● Air-EZ dapat tumbuh seperti kristal.

Tim peneliti telah membiarkan EZ-Zohne sudah tumbuh lebih dari 1 meter. Pertumbuhan tersebut dipicu oleh radiasi, Radiasi inframerah (radiasi panas, yang terdapat di mana-mana) dan UV-radiasi (270 nm) tertentu.

image

Untuk menguji apakah sifat fisik dari air zona eksklusic berbeda dari air curah lainnya, beberapa metode test telah diterapkan selama ini. NMR, inframerah, dan pencitraan birefringence, serta pengukuran potensial listrik, viskositas, dan UV-VIS dan penyerapan spektrum inframerah, yang secara keseluruhan mengungkapkan bahwa zona bebas zat terlarut adalah berbeda secara fisik, fase air yang lebih teratur. Hal ini seperti kristal cair. Kondisi air ini dapat hidup berdampingan pada dasarnya tanpa batas waktu, bersebelahan dengan fase yang mengandung zat terlarut.

Permukaan air quasikristalin dapat membersihkan struktur kristalnya dari zat terlarut.

Di antara doa-doa yang selalu dibaca Nabi saw adalah yang diriwayatkan ‘Aisyah,

اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِمَاءِ الثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّ قَلْبِي مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ

‘Ya Allah, cucilah dosa-dosaku dengan air es dan salju, dan bersihkanlah hatiku dari dosa-dosaku sebagai pakaian yang putih dibersihkan dari kotoran.’ (HR Muslim).

image
Air EZ terdapat juga dalam proses pembekuan dari Air -> EZ-air -> Es, dan sebaliknya selama proses pencairan Es -> EZ-air -> Air


Air EZ terdapat juga dalam proses pembekuan dari Air -> EZ-air -> Es, dan sebaliknya selama proses pencairan Es -> EZ-air -> Air

Lelehan air dari es gletser memiliki kadar EZ air yang tinggi didalamnya yang menyebabkan air ber-fluoresensi, karena itu air danau hasil lelehan gletser terlihat fluoresensinya yang tinggi. Es gletser yang meleleh adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan air EZ. Banyak orang beranggapan air jenis ini sangat bersih.

image

Zona dengan tebal hanya sekitar seperempat milimeter dengan air yang misterius disebut sebagai „Exclusion Zone” (EZ) karena air tidak hanya diklasifikasikan berada di zona ini, tapi yang menarik, juga dapat membersihkan sendiri secara alami : semua zat yang terlarut di EZ-Zone ditekan keluar dari zone ke lapisan bulk water, oleh karena itu dekat area permukaan terbentuk sebuah lapisan Exclusion zona (EZ) yang mengandung air sangat murni.

imageDi sini terlihat gel yang membentuk zona eksklusi besar. 200 um sudah terlihat dengan kasat mata. Kisi kristal air ini begitu padat terorganisir bahkan proton air (H3O +) dipisahkan dari grid kristal. Hal ini memiliki implikasi dramatis bagi kehidupan.Di sini terlihat gel yang membentuk zona eksklusi besar. 200 um sudah terlihat dengan kasat mata. Kisi kristal air ini begitu padat terorganisir bahkan proton air (H3O +) dipisahkan dari grid kristal. Hal ini memiliki implikasi dramatis bagi kehidupan.

Di sini terlihat gel yang membentuk zona eksklusi besar. 200 um sudah terlihat dengan kasat mata. Kisi kristal air ini begitu padat terorganisir bahkan proton air (H3O +) dipisahkan dari grid kristal. Hal ini memiliki implikasi dramatis bagi kehidupan.

Air quasikristalin ini bebas dari zat terlarut – dari segala ukuran molekul – di mana mereka dipaksa keluar dari “kisi (grid atau jaringan) kristal”, karenanya zona (EZ) dinamakan “Exclusion-Zone” (Pengecualian Zona Air), karena setiap objek senantiasa membentuk lapisan zona air quasicrystalline – secara otomatis.

● Desalinasi.

Mendapatkan air minum dari air laut membutuhkan energi yang besar yang membatasi kepraktisan. Prinsip pemisahan dengan effek EZ air adalah alternatif yang menjanjikan, karena didukung oleh energi radiasi yang melimpah. Oleh karena itu, ide pemanfaatan prinsip ini untuk desalinasi penyediaan air minum sangat menarik.

image

● Bahkan partikel terkecil larutan garam dapat dipisahkan di Zone ini.

Q.S. 25:53. Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa (pahit rasanya).

Salah satu sifat quasikristallinen Air-EZ adalah berobahnya nilai-pH dari Air-EZ – begitu pula nilai-pH „air normal“ sekitarnya. Artinya: sekitar batas permukaan terbentuk zone-pH: EZ-air memperlihatkan Kristallstruktur yang sangat padat, melepaskan Protonen (H+ atau H3O+) mengeluarkannya dari Kristallgitter karenanya bermuatan sangat negativ, diatas zone Air EZ terdapat konzentrasi tinggi Protonen, karenanya sangat „asam“ (Protonenrich) – ini yang menyebabkan perubahan warna dari zat pewarna sebagai pH – Indikator (ph-sensitive dye’s).

imageterlihat dalam gambar, bahkan partikel kecil-zat pewarna (indikator pH) pada permukaan Nafion (Nafion merupakan bahan hidrofilik) dipaksa keluar.terlihat dalam gambar, bahkan partikel kecil-zat pewarna (indikator pH) pada permukaan Nafion (Nafion merupakan bahan hidrofilik) dipaksa keluar.

terlihat dalam gambar, bahkan partikel kecil-zat pewarna (indikator pH) pada permukaan Nafion (Nafion merupakan bahan hidrofilik) dipaksa keluar.

Selain itu, Air-EZ menunjukkan sifat yang sama sekali baru, seperti
○ perubahan hambatan listrik yang lebih tinggi,
○ viskositas hampir seperti gel,
○ absorbsi cahaya inframerah yang tinggi,
○ perubahan nilai pH dan
○ muatan negatif yang berbeda.

● Energy dari Air dan Cahaya.

Energi bertanggung jawab untuk membangun muatan, zona entropi rendah ini berasal dari cahaya. Dalam penelitian ditemukan bahwa insiden energi termasuk radiasi UV , cahaya tampak, dan dekat-inframerah panjang gelombang menginduksi pertumbuhan exclution-zona secara spektral sensitif. IR sangat efektif. Paparan lima menit untuk radiasi pada 3,1 m (sesuai dengan peregangan OH) menyebabkan peningkatan lebar exclution-zona hingga tiga kali lipat. Rupanya, foton menyebabkan beberapa perubahan dalam air curah untuk membenahi komponen molekul dan membangun muatan, mengatur predisposisi zona eksklusiv. Bagaimana proses ini bisa terjadi masih dalam penelitian.

Kemungkinan energi surya membangun bentuk struktur baru dan memisahkan muatan antara permukaan dekat zona eksklusiv dengan “bulk water” (air curah) di luar zona – pemisahan ini dapat menciptakan baterai secara effektiv.

Peneliti menemukan bahwa zona zat terlarut-eksklusi bermuatan, sedangkan zona luar mempunyai muatan yang berlawanan. Pemisahan ini merupakan baterai, dari yang saat ini dapat ditarik. Baterai yang bisa diisi ulang kembali oleh insiden energi radiasi.

image

Pemisahan muatan yang disebabkan induksi dari cahaya ini menyerupai langkah pertama fotosintesis. Oleh karena itu, proses menyerupai fotosintesis dalam arti hasil cahaya insiden yang berguna untuk pemisahan muatan dan energi. Hal ini secara efektif merupakan efek fotolistrik, dengan perbedaan bahwa media tersebut menggunakan air.

Memang, induksi cahaya tampaknya relevan tidak hanya untuk proses fotosintesis, tetapi juga untuk semua alam keseluruhan, alam yang melibatkan air dan interface (permukaan).

Kehidupan didalam larutan air.

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسٰنُ مِمَّ خُلِقَ
Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apa dia diciptakan.
خُلِقَ مِنْ مَّآءٍ دَافِقٍ
Dia diciptakan dari air (mani) yang terpancar,
[QS. At-Tariq: Ayat 5-6]

QS. Al Furqan: ayat 54. wa Huwal ladzii khalaqa minas samaa-i basyaran (“Dan Dia [pula] yang menciptakan manusia dari air…”) yaitu Dia ciptakan manusia dari nuthfah yang lemah…

Nabi saw bersabda: (setiap sesuatu yang berasal dari air adalah anak).
Para ilmuwan mengatakan bahwa pria mampu menghasilkan hingga 400 juta sperma, namun hanya satu sperma yang dapat menembus indung telur sehingga embrio, fakta ini tidak diketahui pada saat turunnya Al-Quran, namun Nabi saw mengabarkan kepada kita tentang keajaiban ini untuk menjadi saksi tentang kebenaran kenabian pada zaman ini.

Air mani adalah cairan dimana sperma berada. Sperma adalah sel-sel seks yang berfungsi untuk reproduksi.

Sel adalah dasar dari organisme dari setiap hewan dan setiap manusia. Sel merupakan unit terkecil yang ada dalam tubuh, apakah tulang, darah atau setiap centimeter dari kulit, semuanya terdiri dari sel-sel.

image
Sel jenis khusus ditubuh manusia melakukan berbagai tugas, seperti yang terdapat di sperma dan telur yang mengandung proporsi materi genetik untuk reproduksi. Di dalam tumbuhan hijau terdapat juga sel yang berisi cairan.


Sel jenis khusus ditubuh manusia melakukan berbagai tugas, seperti yang terdapat di sperma dan telur yang mengandung proporsi materi genetik untuk reproduksi. Di dalam tumbuhan hijau terdapat juga sel yang berisi cairan.

Kembali kepada fungsi EZ sebagai pembatas wa hijram mahjuuran. Ez banyak memiliki muatan [ – ], dan sangat berbeda dengan air disekitar linkungannya dimana EZ menjadi bagiannya.

image

Semua orang tahu bahwa sel juga bermuatan negatif. Jika Anda memasukkan elektroda ke dalam setiap sel tubuh kita, kita akan mengukur potensial muatan listrik negatif.

Sebuah gel tidak memiliki membran, kita mendapatkan potensi muatan yang sama – 100 milivolt atau 150 milivolt negatif. Interior dari sel seperti sebuah gel. Ini merupaka sesuatu yang mengejutkan, sesuatu tanpa membran menghasilkan potensial muatan listrik yang sama seperti sel dengan membran.

Air di struktur jaringan gel sepenuhnya terbentuk sebagai Air-EZ, juga dalam sel. Mungkin hampir semua air dalam sistem biologis terbentuk sebagai Air-EZ.

Allah SWT. berfirman dalam surat Al Fatir (diturunkan diurutan ke 43 setelah surat Al Furqaan urutan ke 42) tentang sperma dan dua jenis air dalam dua ayat yang berdampingan. Perbedaannya dalam surat ini tidak disebutkan tentang pembatas.

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوٰجًا ۚ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثٰى وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِۦ ۚ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُّعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِۦٓ إِلَّا فِى كِتٰبٍ ۚ إِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuz). Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.
[QS. Fatir: Ayat 11]

وَمَا يَسْتَوِى الْبَحْرَانِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَآئِغٌ شَرَابُهُ ۥ وَهٰذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ ۖ وَمِنْ كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا ۖ وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan tidak sama (antara) dua lautan; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari (masing-masing lautan) itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai, dan di sana kamu melihat kapal-kapal berlayar membelah laut agar kamu dapat mencari karunia-Nya dan agar kamu bersyukur.
[QS. Fatir: Ayat 12].

● Pembentukan sel.

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوٓا أَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَآءِ كُلَّ شَىْءٍ حَىٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman
[QS. Al-Anbiya: Ayat 30]

Peran air terhadap sel sebagai bagian dari kehidupan antara lain;
○ Produksi massa kental untuk pembentukan sel.
○ Air adalah pelarut untuk zat di dalam sel.
○ Air penting bagi struktur protein karena membentuk ikatan hidrogen dan air pembungkus di sekitar putih telur.
○ dan lain lain.

Dalam mengeksplorasi asal usul kehidupan, salah satu teka-teki yang menjadi masalah ialah bagaimana cara molekul (air) yang tersebar menyatu untuk membentuk sebuah gumpalan massa kental (condensat matter). Hasil eksperimen terbaru mungkin menjadi jawaban teka-teki ini.

Pada umumnya prinsip dasar elektrostatik tentang muatan sama saling tolak, sementara muatan berlawanan saling menarik, dan yang bermuatan netral seharusnya tidak berinteraksi secara elektrik sama sekali, seperti dalam “Elektromagnetismus”. Tapi hal ini tidak sesederhana itu – dalam kondisi tertentu, kita akan mendapatkan daya tarik yang kuat antara dua benda bermuatan netral yang sama. Contoh terbaik dari hal ini adalah cara atom yang bermuatan netral terikat melalui gaya listrik “menyatu” diinti atom.

Feynman menyebut tarik menarik paradoks ini sebagai “like-likes-like” prinsip, yang menyoroti fakta bahwa inti atom bermuatan positif seharusnya saling menolak, tetapi secara paradoks, mereka ditarik secara paksa untuk “menyatu”.

Dalam theori Feynman menyebut (muatan) berbeda dengan ( ‘unlike’ ) [ + ] dan (muatan) sama dengan ( ‘like’ ) [ – ] yang saling tarik menarik, seperti layaknya magnet, dan berpostulat bahwa daya tarik terjadi karena adanya “unlikes” partikel atau molekul sebagai muatan yang berlawanan berada diposisi sebagai perantara, sehingga menciptakan gaya tarik.

Dalam media air, telah lama diketahui bahwa zat yang bermuatan positiv yang sama tidak menolak satu sama lain, sesuai prediksi; mereka benar-benar saling tarik menarik satu sama lain.

image

Bola gel seperti bermuatan (sama) “like” direndam dalam air dan dipisahkan oleh sebanyak setengah milimeter menarik satu sama lain; mereka saling tarik menarik meskipun jarak pemisahan besar, dan setelah beberapa waktu mereka menyatu. Selanjutnya dikonfirmasi, kehadiran muatan berlawanan diprediksi tersebar di antara bidang sphere. Muatan yang berlawanan berasal dari exception-zona EZ yang berkembang di sekitar setiap bola sphere, menghasilkan muatan berlawanan di luar, dan dalam konsentrasi tinggi di antara bidang sphere.

Jadi, memang benar bahwa proses “like”-like-“like” melalui intermediate “unlikes”, sesuai dengan theori Feynman. Dapat dimengerti mengapa entitas seperti muatan saling tarik menarik didalam larutan air.

Energi mediasi tarik berasal dari sumber radiasi, yang membangun zona eksklusi yang memisahkan muatan partikel, daya tarik oleh karena itu mengkonsumsi energi yang tersedia secara bebas dari lingkungan.

Hasilnya adalah bahwa mekanisme untuk membangun massa kental kini eksperimental diverifikasi. Untuk bisa berfungsi, semua yang diperlukan adalah air, cahaya, dan molekul / partikel. Bahkan jika entitas yang mengandung muatan yang sama, mereka akan merakit diri ke dalam massa kental. Proses ini mungkin langkah pertama dalam memproduksi massa kental yang akhirnya menjadi sel. (Pollack et al., 2009).

hijram mahjuuran dalam tubuh

Q.S. 51:20-21. … dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan ?

Exclusive Zone juga ada didalam tubuh.

image
Dalam foto terlihat otot, juga pada permukaan otot secara otomatis dibuat air kristal yang memisahkan mikrosfer.


Dalam foto terlihat otot, juga pada permukaan otot secara otomatis dibuat air kristal yang memisahkan mikrosfer.

Dalam Al Quran Allah SWT. berfirman

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِى رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْ ۚ وَنُقِرُّ فِى الْأَرْحَامِ مَا نَشَآءُ إِلٰىٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوٓا أَشُدَّكُمْ ۖ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُرَدُّ إِلٰىٓ أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا ۚ وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَآ أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَآءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) Kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

ذٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّهُ ۥ يُحْىِ الْمَوْتٰى وَأَنَّهُ ۥ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Yang demikian itu karena sungguh, Allah, Dialah yang hak, dan sungguh, Dialah yang menghidupkan segala yang telah mati, dan sungguh, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu,
[QS. Al-Hajj: Ayat 5-6].

Kesimpulan.
Hubungan antara surat Al Furqan ayat 52 (batas) dan ayat 53 ( menciptakan manusia dari air) keumngkinan intinya adalah bahwa fenomena ” …. pembatas yang menyebabkan kedua air tersebut tidak membaur …. “ yang memisahkan jenis jenis air tidak terbatas pada dimensi alam luas, tetapi juga didimensi mikro.

Subhanallah.

Wallahu a’lam.

Referens.

○ Introduction to cell.

○ When the egg meets sperm.

○ Miracle of fertilation.

○ Fourth phase of water.

http://faculty.washington.edu/ghp/research-themes/water-based-technology/
koloid atau colloid; “Sebuah koloid, dalam kimia, adalah zat yang satu substansi dari partikel yang tidak larut mikroskopis tersebar dan terserap keseluruh zat lain.”
Chemistry of milk.
○ Wikipedia.
Dr. Gerald Polack buch.