Tag

, , , , , ,

Rasulullah Saw bersabda :
Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, HR Bukhari dan Muslim).

Hasil Riset Penelitian.

Sabda rasulullah saw tersebut datang dari berabad-abad lalu, namun ternyata para ilmuwan baru membuktikannya secara nyata belakangan ini. adalah sebuah studi jurnal public library of science one pada tahun 2010 lalu yang menemukan dan mengemukakan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan dibandingkan dengan manusia. hal memungkinkan hewan unggas ini untuk membedakan fenomena warna.

Joseph Corbo salah seorang ilmuwan dari Washington University di St Louis, mengatakan bahwa kemampuan untuk melihat warna tersebut berasal dari sel cahaya khusus yang ditemukan di retina mata ayam. Sel-sel ini disinyalir dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Spektrum cahaya.

Kemampuan sistem visual manusia di dunia ini terbatas. Dalam hal ini justru kalah dengan sistem visual hewan, antara lain seperti yang disebutkan diatas yaitu anjing, keledai dan ayam jantan. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Tapi kemampuan indera ayam jantan, keledai dan anjing melewati batas itu. Pertanyaannya sekarang, bagaimana keledai dan ayam jantan bisa melihat setan dan malaikat, bukan sebaliknya?

Keledai dan anjing itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, setan termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, keledai dan anjing dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat.

Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya sepadan dengan sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.Ini menjelaskan mengapa setan melarikan diri saat disebutkan Nama Allah SWT, penyebabnya adalah karena para malaikat datang ke tempat yang disebut Nama Allah SWT itu, sehingga setan melarikan diri. Dengan kata lain, jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di satu tempat, maka sinar merah memudar.

Turunnya Rizki

Kita sering mendengarkan ayam berkokok pada waktu antara pukul 02.00 – 04.30 yang tidak lain adalah waktu yang disunnahkan untuk shalat malam atau tahajud. Saat pagi hari saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat para malaikat yang sedang sibuk membagikan rizki dari Allah SWT untuk semua makhluknya setiap hari.

Dalam hadis lain, Nabi Saw juga bersabda:”Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah tentang shalat shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam di waktu malam. Lalu ia menjawab : “Apabila mendengar kokok ayam jantan, beliau bangun, lalu shalat” (Diriwayatkan oleh Ahmad, 6/110; shahih)

Inilah alasan Nabi kita selalu bangun pada saat ayam jantan berkokok selain tanda menjelang pagi ayam jantan itupun melihat sesuatu yang kita tidak lihat yaitu para Malaikat.<!–

Wallahu’alam bish showab.

Apakah anjing memiliki kemampuan supranatural untuk melihat mahluk halus.