Tag

, ,

image

1500 year-old ‘ Syriac ‘ Bible found in Ankara, Turkey. The ancient version of bible is believed to be written in Syriac, a dialect of the native language of Jesus. Syriac adalah dialek Aramic – bahasa asli Yesus – pernah diucapkan dan menjadi bahasa di banyak daerah di Timur Tengah dan Asia Tengah. Hal ini digunakan di mana ada orang Kristen Suriah dan masih bertahan di Gereja Ortodoks Suriah di India dan desa di sekitar ibukota Suriah Damaskus. Aram atau Aramic juga masih digunakan dalam ritual keagamaan dari Kristen Maronit di Siprus hingga saat ini.

Bukti Al Quran firman Allah S.W.T.

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْإِنْجِيلَ
Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil,
[QS. Ali ‘Imran: Ayat 3]

Ibn Kathir dalam tafsirnya tentang
Firman Allah Swt.:

مُصَدِّقاً لِما بَيْنَ يَدَيْهِ

Membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya. (Ali Imran: 3)

Yakni kitab-kitab sebelum Al-Qur’an yang diturunkan dari langit buat hamba-hamba Allah dan para nabi. Kitab-kitab tersebut membenarkan Al-Qur’an melalui apa yang diberitakannya dan apa yang disiarkan-nya sejak zaman dahulu kala. Begitu pula sebaliknya, Al-Qur’an membenarkan kitab-kitab tersebut, karena Al-Qur’an sesuai dengan apa yang diberitakan oleh kitab-kitab tersebut yang isinya antara lain membawa berita gembira yang sangat besar, yaitu janji Allah yang akan mengutus Nabi Muhammad Saw. dan menurunkan Al-Qur’an yang agung kepadanya.

Allah SWT berfirman:

يٰٓأَهْلَ الْكِتٰبِ قَدْ جَآءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِّمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتٰبِ وَيَعْفُوا عَنْ كَثِيرٍ ۚ قَدْ جَآءَكُمْ مِّنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتٰبٌ مُّبِينٌ
“Wahai Ahli Kitab! Sungguh, Rasul Kami telah datang kepadamu, menjelaskan kepadamu banyak hal dari (isi) kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula) yang dibiarkannya. Sungguh, telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan Kitab yang menjelaskan,”
(QS. Al-Ma’idah: Ayat 15)

#Bible tertua ditemukan di Palestina: trinity is false. Confirms Jesus Was A Servant Of God

Kitab Injil Barnabas.

#Ternyata babi juga dilarang di Bible.