Tag

, , , , , , ,

image

Alhamdulillah, kreativitas anak-anak muda dalam mengolah teknologi untuk kepentingan dakwah memang patut diacungi jempol. Salah satu kreativitas tersebut adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Abu Razin.

Kalau dulu belajar bahasa arab harus datang ke tempat pertemuan, tatap muka dengan guru dan teman-teman seperjuangan, kini belajar bahasa arab bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet.

Program BISA (Belajar Ilmu bahaSa Arab) adalah sebuah program Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bahasa arab yang diselenggarakan melalui media Whatsapp. Smartphone android, iPhone, atau lainnya, selama bisa install Whatsapp, dan support tulisan arabic (penting, namun opsional), bisa digunakan sebagai alat untuk belajar.

Sistem belajar Program BISA ini relatif simpel. KBM diselenggarakan dalam waktu 8 minggu, dengan pertemuan seminggu sekali setiap hari ahad pukul 16.00 s.d. 17.30. Materi berupa audio akan diberikan sebelum pertemuan, untuk memberikan kesempatan kepada peserta program agar dapat mendengarkan materi terlebih dahulu. Sementara buku diktat berupa PDF yang disusun Abu Razin tersedia secara gratis untuk diunduh. Memasuki waktu pertemuan, 25 peserta yang dikumpulkan dalam satu grup Whatsapp dipersilakan untuk bertanya kepada pembimbing di grup tersebut mengenai kesulitan-kesulitan atau hal-hal yang belum jelas terkait materi yang telah diberikan sebelumnya. Di penghujung pertemuan, peserta akan diberikan PR hafalan dan PR tulisan yang harus dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Selesai. Simpel bukan?

image

Materi bahasa arab

Materi yang diberikan di kelas Program BISA merupakan materi dasar bahasa arab. Saat ini, materi yang diberikan baru sebatas pada kaidah dasar shorof. Bukan materi yang berat. Cukup mudah diikuti oleh peserta yang belum mengerti bahasa arab, apapun profesinya, berapa pun usianya. Ke depan, Program BISA direncanakan akan memiliki kelas dengan materi baru, yaitu nahwu, dan praktek baca kitab baik kitab dengan harokat maupun kitab gundul. Mudah-mudahan rencana tersebut bisa terealisasi dengan baik.

Ini videonya

Contoh lainnya

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program BISA, silakan cek di website resminya, programbisa.com.

***

Facebook address program BISA.