Tag

, , , , , ,

image

Region Large Magellanic Cloud sebagai salah satu tempat pembentukan bintang. Credit wikipedia.

تَبٰرَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Mahasuci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu,

[QS. Al-Mulk: Ayat 1]

الَّذِى خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun,
[QS. Al-Mulk: Ayat 2]

الَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ طِبَاقًا ۖ مَّا تَرٰى فِى خَلْقِ الرَّحْمٰنِ مِنْ تَفٰوُتٍ ۖ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرٰى مِنْ فُطُورٍ
yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat?
[QS. Al-Mulk: Ayat 3]

ثُمَّ ارْجِعِ الْبَصَرَ كَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ إِلَيْكَ الْبَصَرُ خَاسِئًا وَهُوَ حَسِيرٌ
Kemudian ulangi pandangan(mu) sekali lagi (dan) sekali lagi, niscaya pandanganmu akan kembali kepadamu tanpa menemukan cacat dan ia (pandanganmu) dalam keadaan letih.
[QS. Al-Mulk: Ayat 4]

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَآءَ الدُّنْيَا بِمَصٰبِيحَ وَجَعَلْنٰهَا رُجُومًا لِّلشَّيٰطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ
Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami menjadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.
[QS. Al-Mulk: Ayat 5]

A. Definisi Bintang-Bintang di langit.

image

Sebuah bintang adalah bola plasma bercahaya yang tertahan oleh gravitasinya sendiri. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari

Bintang merupakan benda langit yang tersebar di langit dunia. Bintang berbentuk bulat atau semi bulat , berbentuk gas,menyala-nyala, bersinar dengan sendirinya , dan terikat dengan benda langit lainnya melalui daya gravitasi meskipun berbentuk gas.

image

This Hubble Space Telescope image shows Sirius A, the brightest star in our nighttime sky, along with its faint, tiny stellar companion, Sirius B. Astronomers overexposed the image of Sirius A (at centre) so that the dim Sirius B (tiny dot at lower left) could be seen. The cross-shaped diffraction spikes and concentric rings around A*, and the small ring around Sirius B, are artifacts produced within the telescope's imaging system. The two stars revolve around each other every 50 years. Sirius A, only 8.6 light-years from Earth, is the fifth closest star system known. The image was taken with Hubble's Wide Field Planetary Camera 2. Credit: NASA, ESA, H. Bond (STScI), and M. Barstow (University of Leicester).

di langit terdapat terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata). Bintang adalah benda yang memiliki masa dan volume besar, dan bersuhu panas tinggi.

image

Gambar bintang pada perbesaran resolusi tinggi (berjarak sekitar 330 tahun cahaya dari sini, bintang R Leonis dari jenis bintang Mira di bagian barat dari konstelasi Leo.). Terlihat di gambar sekitar bintang lingkaran Airy disc bersumber dari sebuah difraksi.

Menurut ilmu astronomi, definisi bintang adalah: ”Semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.”

Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.

B. Asal Mula Terbentuknya Bintang.

QS. Al Mulk.2 : “yang menciptakan mati dan hidup, …

Bintang terbentuk di dalam awan molekul; yaitu sebuah daerah medium antarbintang yang luas dengan kerapatan yang tinggi. Awan ini kebanyakan terdiri dari hidrogen dengan sekitar 23–28% helium dan beberapa persen elemen berat. Komposisi elemen dalam awan ini tidak banyak berubah sejak peristiwa nukleosintesis Big Bang pada saat awal alam semesta.

Para astronom telah menemukan awan dari molekul, formasi dalam ruang yang dikenal sebagai tempat pembibitan dari sebuah bintang yang belum lahir.

image

evolusi bintang dengan bintang ber-massa rendah (siklus kiri) dan ber-massa tinggi (siklus kanan), dengan contoh-contoh dalam huruf miring

Salah satunya yang ditemukan oleh tim peneliti dari Jepang yang menemukan dua awan molekul raksasa 30.000 tahun cahaya dari tata surya kita yang mereka perkirakan bertabrakan dan membentuk bentuk yang aneh. Sementara awan sering berbenturan, beberapa terlihat dengan konsekuensi spektakuler ditemukan oleh Shinji Matsumura, kedua Ph D. kandidat dan Tomoharu Oka, Associate Professor tim peneliti dari Departemen Fisika di Universitas Keio . Mereka memperkirakan tabung magnetik dibentuk antara dua awan molekul raksasa, yang ‘dipelintir dan diperas menjadi struktur heliks selama kontak gesekan’. Penelitian mereka menunjukkan bahwa molekul gas yang tertangkap oleh tabung magnet memutar, membentuk bentuk ‘kuncir’ yang khas.

image


Image of “Pigtail” Molecular Cloud

Galaxy tersebut memiliki kuantitas tinggi dari gas molekul yang membentuk bintang dalam radius 600 tahun cahaya dari pusatnya. Pada jarak yang kedua ditemukan ada dua elips orbit yang tertutup awan sepanjang perjalanan dan pada salah satu dari dua persimpangan awan molekul yang sering bertabrakan. Formasi gas besar pada akhirnya dapat melahirkan bintang baru karena mereka menjadi lebih padat. Gas bahkan bisa lebih dikompresi ketika awan saling bertabrakan seperti bentuk aneh yang diamati oleh para ilmuwan manning Telescope NRO 45m di Nobeyama Radio Observatory (NAOJ) di Observatorium Astronomi Nasional Jepang, yang diukur sekitar 60 tahun cahaya yang suatu hari nanti bisa menjadi bintang itu sendiri.

image

Gambar dari bintang yang baru lahir: di atas jet bercahaya dengan panjang 12 tahun cahaya hasil rekaman optik, di bawah gambar rekaman inframerah dari debu disk, dengan tepi yang terlihat sebagai balok di tengah antara kerucut ganda yang gelap.

Bintang menghabiskan 90% usianya dalam rentang fase bintang biasa yang mirip dengan matahari, sebelum kemudian meledak, atau meredup dan lenyap (padam). Dua fase terakhir (meredup dan lenyap) sebenarnya juga berakhir dengan ledakan.

C. Redaksi Hadits memberitahu bintang-bintang merupakan stabilisator langit (alat penstabil langit).

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، وَإِسْحاَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ أَبَانَ كُلُّهُمْ، عَنْ حُسَيْنٍ، قَالَ أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْجُعْفِيُّ، عَنْ مُجَمَّعِ بْنِ يَحْيَي، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: ” صَلَّيْنَا الْمَغْرِبَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ثُمَّ قُلْنَا: لَوْ جَلَسْنَا حَتَّى نُصَلِّيَ مَعَهُ الْعِشَاءَ، قَالَ: فَجَلَسْنَا فَخَرَجَ عَلَيْنَا، فَقَالَ: مَا زِلْتُمْ هَاهُنَا؟ قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، صَلَّيْنَا مَعَكَ الْمَغْرِبَ ثُمَّ قُلْنَا نَجْلِسُ حَتَّى نُصَلِّيَ مَعَكَ الْعِشَاءَ، قَالَ: أَحْسَنْتُمْ أَوْ أَصَبْتُمْ، قَالَ: فَرَفَعَ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ وَكَانَ كَثِيرًا مِمَّا يَرْفَعُ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ، فَقَالَ: النُّجُومُ أَمَنَةٌ لِلسَّمَاءِ، فَإِذَا ذَهَبَتِ النُّجُومُ أَتَى السَّمَاءَ مَا تُوعَدُ، وَأَنَا أَمَنَةٌ لِأَصْحَابِي، فَإِذَا ذَهَبْتُ أَتَى أَصْحَابِي مَا يُوعَدُونَ، وَأَصْحَابِي أَمَنَةٌ لِأُمَّتِي، فَإِذَا ذَهَبَ أَصْحَابِي أَتَى أُمَّتِي مَا يُوعَدُونَ “

Telah menceritakan kepada Abu Bakar bin Abu Syaibah; Dan Ishaq bin Ibrahim; Dan ‘Abdullah Bin Umar Bin Aban; Untuk seluruhnya dari Husain, dia berkata: Abu Bakar telah menceritakan kepada Husain Bin ‘Ali Al-Ju’fi; Dari Mujamma’ Bin Yahya; Dari Sa’id Bin Abu Burdah; Dari Abu Burdah; Dari bapaknya; dia berkata: “Kami pernah melaksanakan sholat berjama’ah bersama Rasulullah Saw. Kemudian kami berkata: ‘Lebih baik kami duduk bersama Rasulullah Saw sambil menunggu waktu sholat Isya’. Bapak Abu Burdah berkata: ‘Kami duduk di masjid, kemudian datang Rasulullah Saw seraya bertanya: ‘Kalian masih di sini?’ Kami menjawab: ‘Benar, wahai Rasulullah! Kami telah melaksanakan sholat Maghrib berjama’ah bersama engkau. Oleh karenanya kami memilih untuk duduk bersama-sama di masjid sholat Isya’ berjama’ah bersama engkau!” Rasulullah Saw berkata: “Kalian benar-benar telah melakukan kebaikan!”. Lalu Rasulullah Saw mengangkat kepalanya ke atas dan bersabda: “Sesungguhnya bintang-bintang ini merupakan stabilisator langit (alat penstabil langit). Apabila bintang-bintang ini hilang, maka langit akan tertimpa apa yang telah dijanjikan. Para shahabat ku adalah sang penentram ummat ku. Apabila para shahabat ku telah tiada, maka ummat ku pasti akan tertimpa apa yang telah dijanjikan kepada mereka!”.

D. Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim (no. 2531). Dengan sanad, sebagaimana yang beliau katakana, “Abu Bakr bin Abi Syaibah, Ishaq bin Ibrahim dan Abdullah bin Umar bin Abaan telah menceritakan kepada kami, dan mereka mendapatkan hadits ini dari Husain bin Ali Al-Ju’fi, dari Mujammi’ bin Yahya, dari Sa’id bin Abi Burdah, dari Abu Burdah, dari Abu Musa.[1]

Hadits ini juga diriwayatkan oleh ‘Abd bin Humaid (no. 539) dari Husain bin Ali, melalui sanad yang sama dengan sanad Muslim.[2]

Ahmad juga meriwayatkannya (4/398) dari Ali bin Abdillah, dari Husain bin Ali, melalui sanad yang sama dengan sanad Muslim.[3]

E. Kualitas Hadits

Hadits di atas shahih,[4] dan terdapat dalam kitab Shahih Muslim.

F. Penjelasan Hadist dan Relevansinya dengan ilmu Astronomi

● pengaruh gaya interstellar.

Menurut model standar ada empat gaya fundamental yang bekerja di alam. Zarah di alam semesta ini berinteraksi melalui gaya-gaya yang dinamakan Gaya Fundamental. Menurut model standar ada empat gaya fundamental yang bekerja di alam. Berdasarkan gaya terlemah hingga yang terkuat, keempat gaya itu adalah
● gaya gravitasi,
● gaya nuklir lemah,
● gaya elektromagnetik, dan
● gaya nuklir kuat.

Di samping daya gravitasi yang mengikat bintang-bintang langit dunia satu sama lain secara kuat, disana terdapat sejumlah daya lain yang mengikat suatu materi yang ada di dalam bumi, juga yang ada di dalam setiap benda angkasa, dan di lembaran langit dunia. Di antara daya pengikat yang kita kenal adalah daya nuklir kuat, daya nuklir lemah, dan daya elektromagnetik . daya-daya inilah yang mengikat dan mencekram materi dan energy yang ada didalam bagian semesta yang dapat diketahui.

Gaya dasar ini (semua di atas kecuali gravitasi) adalah objek tidak berinteraksi secara langsung satu sama lain tetapi menciptakan sebuah medan yang memengaruhi kelakuan dari objek di kejauhan. Dari teori medan kuantum medan-

● zarah dan gaya fundamental.

Fermion (dinamai dari Enrico Fermi) adalah semua partikel memenuhi persyaratan statistik Fermi-Dirac dalam arti fisik. Secara intuitif fermion adalah partikel-partikel yang membentuk materi.

Penelitian fisika partikel nampaknya menunjukkan bahwa alam semesta ini tersusun atas berbagai partikel atau zarah yang dinamakan fisikawan sebagai “model standar” fisika partikel, sebuah kompilasi teori yang saling konsisten satu sama lain dengan fakta-fakta yang kita temukan dalam eksperimen. 

image

Partikel elementar dalam model standar, dengan femion berwarna hijau dan violet:
Violet: quark;
hijau: lepton;
merah: partikel pertukaran;
kuning: Higgs boson.

Partikel elementar:
dikelompokkan menurut spinnya.
Fermion termasuk di antara partikel elementer atau fundamental partikel:
Quark
Lepton, terdiri dari enam rasa: elektron, muon, tauon, electron-neutrino, muon-neutrino and tauon-neutrino.
○ Gravitino (spin 3/2), superpartner hipotetikal dari graviton dalam teori supergravitasi.

Boson
photon (spin 1)
○ Boson W dan Z (spin 1)
gluons (spin 1)
Boson higgs (spin 0)
○ graviton (spin 2)

Fermion berbeda dari boson, yang memenuhi statistik Bose-Einstein dan setelah spin-statistik teorema memiliki spin dalam bilangan integer. Seluruh partikel elementer dalam tiga dimensi ruang adalah fermion atau boson.

Empat gaya fundamental dimediasi oleh 5 partikel tak bermassa yang dinamakan boson acuan (gauge boson), ditunjukkan dalam warna merah ( partikel pertukaran pada gambar “partikel elementar”). Partikel ini merupakan partikel yang menghantarkan keempat gaya fundamental. Dengan demikian interaksi antara partikel terjadi karena adanya pertukaran boson dari satu partikel ke partikel lain, i.e. satu partikel melepas boson lalu ditangkap oleh partikel lain. Besarnya gaya yang dialami bergantung pada seberapa cepat boson dipertukarkan.

Gaya nuklir kuat dihantarkan oleh partikel bernama Gluon,
gaya elektromagnetik dibawa oleh Photon,
gaya nuklir lemah dihantarkan oleh pasangan partikel yang dinamakan boson W (positif dan negatif) dan boson Z, dan
gaya gravitasi dihantarkan oleh Graviton.

Dari 5 partikel ini, hanya graviton yang belum dikonfirmasikan keberadaannya oleh eksperimen, dan seringkali dianggap berada di luar model standar. Belum ditemukannya graviton terkait dengan salah satu problem kontemporer dalam ilmu fisika yaitu belum ditemukannya teori kuantum untuk gravitasi, yaitu sebuah teori yang dapat menjelaskan gravitasi dalam skala sub-atomik.

Dalam lapisan yang sangat tipis, yaitu dalam sistem dua dimensi, ada, selain boson dan fermion, terdapat apa yang disebut sebagai anyons, yang memenuhi persyaratan statistik kuantum tersendiri.

Partikel komposit:
antara lain, semua yang terdiri dari jumlah ganjil quark, seperti semua barion, yang juga termasuk proton dan neutron.
● Molekul

● Atom

● Inti atom

Hadron, terdiri dari quark dan/atau antiquark
○ Barion
Nukleon, terdiri dari proton dan neutron, keduanya adalah bagian dari inti atom.
♢ Hiperon, seperti Δ, Λ, Ξ dan Ω
Meson, terbuat dari satu quark dan satu antiquark, dan mencakup pion, kaon dan banyak tipe meson lainnya.

● Eksotik barion
○ Tetraquark terdiri dari dua quark dan dua antiquark.
○ Penta

Materi di alam semesta ini tersusun atas atom. Setiap atom tersusun atas proton, elektron, dan neutron. Proton dan neutron bersama-sama membentuk inti atom sementara elektron berada di orbital sekeliling inti atom, susunan jumlah proton, elektron, dan neutron yang berbeda akan menghasilkan atom yang berbeda, dan akan menentukan apakah atom tersebut stabil atau tidak.

image

Sebuah atom dan zarah-zarah fundamental yang menyusunnya. Perkiran ukuran (dalam meter) juga diberikan. Credit: cpepweb.org

Asas larangan Pauli adalah prinsip mekanika kuantum menyatakan bahwa tidak ada dua fermion identik boleh menduduki keadaan kuantum yang sama secara bersamaan, untuk elektron pada atom tunggal, aturan ini menyatakan bahwa tidak ada dua elektron yang memiliki bilangan kuantum yang sama. Elektron harus secara berpasangan mengisi orbital atom yang berbeda dari atom, sehingga kedua elektron tersebut memiliki spin berlawanan. Hanya melalui sifat ini struktur sistematis dari tabel periodik dapat menjelaskan unsur kimia.

● pabrik kimia dialam semesta.

Sebuah bintang bersinar karena fusi termonuklir hidrogen di intinya melepaskan energi yang melintasi bintang interior dan kemudian memancar ke luar angkasa. Hampir semua elemen alami yang lebih berat dari helium diciptakan oleh bintang-bintang, baik melalui sintesis-inti bintang selama hidup mereka atau nukleosintesis bintang supernova saat meledak.

image

tabel periodik ini menunjukkan asal kosmik setiap elemen. Tabel periodik yang menampilkan kode warna untuk menunjukkan perkiraan terbaik manusia untuk asal usul nuklir dari semua elemen yang dikenal. Situs penciptaan nuklir beberapa elemen, seperti tembaga, tidak benar-benar dikenal dan terus menjadi topik penelitian observasional dan komputasi.

Penjelasan asal usul elemen kimia: hidrogen dalam tubuh Anda, yang terdapat dalam setiap molekul air, berasal dari Big Bang. Tidak ada sumber hidrogen lain yang berarti di alam semesta. Karbon dalam tubuh Anda dibuat oleh fusi nuklir di bagian dalam bintang, seperti oksigen. Sebagian besar zat besi dalam tubuh Anda dibuat selama proses supernova dari bintang yang terjadi lama dimasa lalu dan berjarak sangat jauh. Emas perhiasan Anda itu kemungkinan dibuat dari bintang neutron selama tabrakan yang mungkin telah terlihat sebagai durasi pendek semburan sinar gamma. Unsur-unsur seperti fosfor dan tembaga yang hadir dalam tubuh kita hanya sejumlah kecil tetapi berperan sangat penting untuk bisa berfungsinya semua kehidupan yang dikenal.

Wallahu’alam Bissawab.

Daftar Pustaka

Al-Najjar, Zaghul.Pembuktian Sains dalam Sunnah, terj. Zainal ‘Abidin Dan Syakirun Ni’am. Jakarta:Amzah,2006

Lihat Muslim bin Hajjaj, Shahih Muslim, tahqiq: Muhammad Fuah ‘Abd al-Baqi (Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.t.), IV, hlm. 1961

‘Abd al-Hamid, Al-Humaid, tahqiq: Shubhi al-Badri dan Mahmud Muhammad Khalil (Kairo: Maktabah al-Sunnah, cet. I 1988), I, hlm. 190

Ahmad bin Hambal, Musnad, tahqiq: Syu’aib al-Arnauth dkk (Muassasah al-Risalah, cet. I 2001), 32335

[1] Lihat Muslim bin Hajjaj, Shahih Muslim, tahqiq: Muhammad Fuah ‘Abd al-Baqi (Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.t.), IV, hlm. 1961

[2] Lihat ‘Abd al-Hamid, Al-Humaid, tahqiq: Shubhi al-Badri dan Mahmud Muhammad Khalil (Kairo: Maktabah al-Sunnah, cet. I 1988), I, hlm. 190

[3] Ahmad bin Hambal, Musnad, tahqiq: Syu’aib al-Arnauth dkk (Muassasah al-Risalah, cet. I 2001), 32335