Tag

image

Bismillahirahmanirahim, Assalamu’alaikum Wr.wb.

Asma’ul Husna atau sering disebut sebagai nama-nama Allah yang mulia, kebanyakan dari kita hanya memahami sebatas ya itu-itunya saja. Maksudnya, ya sebatas dibaca dan dilagukan saja. Padahal selain memahami Al Quran saja sangat disarankan dan bernilai mulia, memahami zat yang menciptakan Al Quran itu sendiri juga sangat disarankan.

Kalau kita mau benar-benar memahami sifat-sifat Allah, sebenarnya sangat mudah teman. Intinya Allah itu maha segalanya. Paling tinggi lah pokoknya. Ketika Anda menemukan sebuah sifat saja di dunia ini yang sekiranya baik, maka Anda cukup menambahkan kata “Maha” maka sudah jadi deh salah satu sifat Allah.

Misalnya nih, Anda mempunyai rekan kerja yang dermawan, setiap hari bawain kerupuk, maka sifat Allah ialah “Maha Dermawan”. Ketika Anda melihat cowok cakep, maka sifat Allah adalah “Maha Cakep”. Boleh ngga seperti itu? Ya tentu boleh, kan Allah itu maha segalanya, intinya itu. Jadi segala sesuatu di dunia ini semuanya adalah cipratan dari sifat-sifat Allah. Ketika Anda melihat pelangi yang indah, maka sifat Allah adalah “Maha Indah”. Ketika melihat album Peterpan Hari yang Cerah, maka sifat Allah ialah “Maha Cerah”. Intinya, Allah itu serba yang “Paling”, kedudukan tertinggi.

Jadi sebenarnya, sifat Allah ini sungguh sangat amat banyak. Tapi, ada 99 Sifat Allah yang wajib banget untuk kita ketahui. 99 sifat Allah, atau bisa juga disebut nama Allah ini disebut sebagai Asma’ul Husna.

Penting gak sih memahami Asma’ul Husna? Jelas penting. Mengapa? Karena sebenarnya segala sesuatu yang terjadi di dunia ini terjadi karena sifat-sifat Allah tersebut. Misalnya saya ibaratkan Anda baru saja bekerja di sebuah kantor baru. Tapi, setiap hari Anda dimarahin sama bos melulu, gak peduli Anda memberi prestasi atau tidak pokoknya dimarahin. Lama-lama Anda pun penasaran, trus tanyain ke pegawai lain yang lebih senior. Lalu dijawab, ternyata memang sifat si bos itu seperti itu, dia gak bisa gak marah, pokoknya maraah terus, hehe. Setelah Anda memahami sifat si bos tadi, Anda menjadi lebih tenang kerja di kantor, soalnya sudah ngerti sih bosnya memang suka marah, kirain kinerja Anda yang tidak baik.

Sama seperti memahami Asma’ul Husna. Kadang Anda ini hidupnya selalu dipenuhi dengan keberuntungan dan rezeki, padahal Anda orangnya sering berbuat dosa. Kok bisa gitu? Rupanya ada sifat Allah yaitu Al Ghafur yaitu maha pengampun dosa. Kadang Anda juga bingung juga kenapa kok manusia itu kudu repot-repot bekerja, padahal Allah kan bisa berkuasa langsung memberikan uang Cuma-Cuma kepada manusia. Eh ternyata Allah mempunyai sifat Al Jabbar atau Maha Memaksa kita untuk berusaha keras dulu. Kadang Anda juga heran, mengapa rezeki orang kok beda-beda, ada yang kaya rayaaa banget, ada yang kaya raya saja, apa ngga adil itu? Ternyata Al Adl sifat Allah Maha Adil ini kalau dipahami intinya bukan memberi semuanya sama rata, tapi memberi semuanya sesuai proporsionalnya. Makanya, kita perlu banget tau Asma’ul Husna supaya hidup kita lebih tenang setelah tau oooh ternyata begini yang dimau sama Allah. Kita tidak lagi bertanya-tanya sebenarnya apa sih maunya Allah.

Tapi hati-hati, kalau kita sering-sering membaca Asma’ul Husna, apalagi kalau sampai hafal. Bisa-bisa organ tubuh kita selalu sehat, hajat menjadi dimudahkan dan bisa menjadi tiket masuk ke surga bagi yang hafal.

Nah di bawah ini ada kutipan Asma’ul Husna yang saya dapat dari berbagai sumber, saya harap bisa lebih memahamkan kita semua akan sifat-sifat Allah sehingga hidup kita menjadi lebih baik. Baru 33 nama saja, selanjutnya insya Allah menyusul.

1. Setiap menit laju pernafasan manusia rata2 20-24 kali scr otomatis, setiap hari jantung berdenyut rata2 100.000 kali tanpa harus diperintah. Adanya rasa lelah pd mata ketika terlalu lama didepan komputer, atau rasa lelah stlh seharian bekerja, adalah sinyal nasihat dari-Nya agar tdk meneruskan hal2 yg dapat merusak tubuh. (Ar Rahman – Maha Pengasih)

2. Kondisi bayi dlm kandungan ibunya hanya spt parasit, hanya meminta tanpa memberi, hanya mencuri nutrisi ibunya, hanya menendang2 dan membuat mual.. tp mual tdk terasa mual, sakit saat melahirkan pun mjd senyum, kasih sayang ibu sungguh luar biasa, luar biasa Dia yg menurunkan sifat itu kpd ibu. (Ar Rahim – Maha Penyayang)

3. Sesungguhnya telah diamanahkan kuasa khalifah kpd langit bumi dan gunung tp mereka menolak, mk dipikulah amanah itu kpd manusia.. sdgkn kuasa manusia sgt dipengaruhi kuasa otak yg sehat agar organ tubuh dpt berfungsi normal.. kuasa otak pun msh dipengaruhi oleh kuasa aliran darah dan tulang tengkorak sbg pelindung.. tdk ada kuasa di dunia ini yg tidak berketergantungan kecuali kuasa-Nya. (Al Malik – Maha Kuasa)

4. Tidak ada manusia yg suci, semua sama, sama2 terbentuk dr benda2 yg hina, shg posisi awal manusia sbnrny adl sbg makhluk yg hina.. Namun dg keimanan, manusia bisa terangkat derajatny oleh-Nya dr kondisi yg hina mjd sosok yg lbh suci.. Maka betapa sucinya Dia yg sanggup mensucikan manusia dr kehinaan. (Al Quddus – Maha Suci)

5. Organ tubuh manusia yg plg vital perannya ternyata 80%nya adalah cairan, betapa rawannya otak manusia, lembek, mk Dia berikan tulang tengkorak yg keras utk melindungi otak dr luar, tp otak justru bisa rusak krn berbenturan dg kerasny tengkorak bgian dlm, mk Dia berikan cairan serebrospinal di antara kduanya utk meredam benturan itu, serta msh byk lg keamanan super canggih yg Dia berikan.
(As Salam – Maha Memberi Keselamatan)

6. Setiap detik selama nafas msh bisa berhembus, jantung harus sll memompa darah ke seluruh tubuh, saat memompa jantung berkontraksi otot memendek, saat relaksasi otot jantung kmbl memanjang, spanjang waktu otot jantung sll memendek memanjang memendek memanjang, jika jantung lalai sbntr saja akibatnya fatal, begitulah jantung, organ karunia dari Nya yg sll amanah dlm menjalankan tugas. (Al Mu’min – Maha Mengaruniakan Keamanan)

7. Koagulasi darah trjadi ktk kulit terluka mngeluarkan darah dg terbentuknya benang fibrin, sehingga darah menggumpal didaerah luka. Gumpalan darah bila trjadi terus menerus dpt menyumbat pmbuluh darah dan memicu trjadinya stroke. Utk memelihara aliran pembuluh darah dr gumpalan2 darah tsb mk Dia mnciptakan mekanisme fibrolisis, yaitu mekanisme penguraian benang fibrin shg gumpalan darah tdk terjadi. (Al Muhaimin – Maha Memelihara)

8. Air mampu memadamkan api, namun api mampu membuat air menguap, jd siapakah yg plg kuat? Jika ada manusia yg mampu menghancurkan bumi skalipun, dy tdk mampu mengalahkan penyakit yg timbul dr tubuhnya sndri, minimal flu, dy dikalahkan oleh hal yg hanya bersifat molekuler. Jadi adakah Dzat yg benar2 kuat tiada tandingan? (Al ‘Aziz – Maha Perkasa)

9. Saraf simpatis dan parasimpatis adl saraf yg dipaksa utk slalu siap bekerja. Ketika kepanasan tubuh otomatis berkeringat, saat silau pupil mata mengecil, saat tidur denyut jantung melambat. Betapa repotnya kita kl harus sering2 ngecilin pupil mata saat silau biar cahaya tdk masuk k mata scr berlebihan, harus menyuruh kelenjar keringat keluar saat kepanasan, jika saraf2 tsb tidak dipaksa berkerja oleh Nya demi suatu nikmat yg sgt dahsyat. (Al Jabbar – Maha Memaksa)

10. Sel manusia, ukuran cm 0.000001meter, berat cm 1/200miliargram, dibalik kemungilannya trnyt byk kebesaran2 Nya.. Tiap 1kg berat badan trdpt 1triliun sel yg rapi berkoordinasi, gen yg di dlm inti sel dpt menentukan msg2 sel akan mjd apa, sel saraf, kuku, kulit, dll, namun dg mekanisme metilasi maka sel kuku tdk akan brubah mjd sel kulit, sel rambut tdk brubah mjd sel otot… Lalu bgmn kebesaran Nya di alam semesta jika sbuah sel saja sdh mengagumkan. (Al Mutakabbir – Maha Memiliki Segala Kebesaran)

11. Setiap detik di berbagai belahan dunia terlahir jiwa2 yg baru. Multiplikasi manusia terjadi secara teratur dengan kuantitas dan kualitas yg mirip. Entah sudah brp byk jmlh manusia di bumi ini. Di dalam tubuh pun msh trjadi pembelahan diri oleh sel2 bakteri. Setiap 24 jam pertumbuhan bakteri dpt mncapai 10×21 sel bakteri. Itu terjadi secara konstan dg jenis ID bakteri yg sama persis. Tidak mungkin pencipta yg biasa2 saja bisa mencipta kuantitas sebanyak itu dg kualitas yg sama 100% dlm sekejab.
(Al Khaliq – Maha Menciptakan)

12. Setiap sel hidup selalu mengalami metabolisme dlm tubuh. Tanpa enzim, proses metabolisme akn memakan waktu yg sgt lama, bhkn mgkn tdk terjadi sama skali. Tp anehnya enzim sama skali tdk ikut dlm reaksi kimia. Ia cm numpang nempel pd zat yg mengalami metabolism. Ia tdk menyumbangkan apapun trmasuk energi sama skali utk proses itu. Lalu drmn dtgnya energi yg enzim gunakan utk mmpercepat metabolisme? Hanya Dia yg mampu membuat kecepatan metabolisme itu, dr sesuatu yg tiada menjadi ada. (Al Bari – Maha Mengadakan)

13. Bagaimana jadinya kalau bentuk manusia kepala ada di pantat, sedangkan pantat ada di kepala, tangan ada di kaki, sedang kaki ada di tangan, bagaimana jika otot tidak tertutup kulit, bagaimana jika mata tanpa bulu mata dan alis untuk melindungi, bagaimana jika mulut ada dua sedang telinga tidak stereo. Pernahkah terpikirkan bagaimana ceritanya sebuah zigot yg mulanya cuma 1 sel ini nantinya akan terbentuk kepala di atas dan kaki di bawah, tidak terbalik. Tentunya ada Sang Desainer utama yg menyusun tubuh kita menjadi sesempurna ini. (Al Mushawwir – Maha Membentuk Rupa)

14. Tubuh manusia sbnrnya trsusun dr bntuk2 yg mengerikan. Jika manusia hanya trdiri dr tulang belulang tak tertutup mk manusia akn sprti hantu tengkorak. Maka ditutupilah dg daging. Namun bila hanya daging saja niscaya manusia tampak spt monster. Maka ditutupilah dg kulit subkutan atau lemak. Namun bila hanya lemak sj mk manusia akn spt gumpalan lemak berjalan.Maka ditutupilah dg lapisan kulit kutan, yg tebalny hanya krg dr 4mm, namun perannya utk menutupi tubuh manusia sgt besar shga lbh indah dipandang. Seperti Dia yg dg rapinya menutup setiap dosa2 manusia yg sll memohon ampun pada Nya. (Al Ghaffar – Maha Pengampun/Maha Menutupi)

15. Siapa yg berani menantang Yang Maha Mengalahkan? Dia tdk membutuhkan api yg bergelora utk menundukkan manusia. Tdk perlu halilintar yg menggelegar utk menundukkan kita. Cukup dg tentara2 Nya yg ada pd tubuh manusia. Ketika manusia tdk bersyukur atas setiap hal yg diberi dari Nya, pd kondisi yg tdk ikhlas, otak akan memberi sinyal stress/frustasi, jantung berdetak kencang, pembuluh darah menyempit, metabolisme meningkat, akibatnya sistem imun menurun, bakteri pun mudah menyerang, sel tubuh bisa mengganas olehnya, sehingga penyakit2 pun muncul, kanker, darah tinggi, stroke, dll. Itu baru di dlm tubuh manusia saja. (Al Qahhar – Maha Mengalahkan)

16. Dia memberi apapun kpd makhluknya tnp membutuhkan apa pun dr makhluknya. Sprti jantung yg senantiasa berdetak pdhl kita tdk prnh memintanya utk senantiasa berdetak.
(Al Wahhab – Maha Memberi)

17. Rezeki itu sbnrny sudah disediakan berlimpah di alam. Hebatnya, rezeki tdk akan ada habisny wlpn diambil manusia. Hanya saja utk mndapatkan rezeki dibutuhkan usaha. Sprti otot2 pd pernafasan manusia yg sll berjuang utk mndapat rezeki berupa udara yg Dia tebarkan d muka bumi.
(Ar Razzaq – Maha Memberi Rezeki)

18. Sadar tdk bahwa manusia punya tools yg bisa membuka jalan menuju kemenangan, yaitu memori/ingatan. Dia mnciptakan memori dlm bntuk abstrak berupa aliran listrik yg lompat dr saraf 1 dg lain. Dg memori mk manusia tdk prnh lupa dg kejadian yg terjadi kemarin. Itulah modal berharga, sebab ketika konsisi manusia hari ini sama dg kmrn mk dy merugi, jika lbh buruk dr kmrn mk dy celaka, hanya yg hari ini lbh baik dr kmrn itulah manusia beruntung dan pemenang sebenarnya.
(Al Fattah – Maha Pembuka Kemenangan)

19. Banyak ilmu pengetahuan yg belum dapat ditemukan jawabannya di alam semesta. Di dalam tubuh, banyak organ tubuh yg bekerja karena adanya rangsangan listrik dalam tubuh. Lalu kira2 apa yg menyebabkan rangsangan listrik tersebut selama kita hidup. Semakin mencari jawaban, semakin banyak pertanyaan yg timbul. Tidak akan ada manusia yg mampu mengetahui semua ilmu-Nya.
(Al ‘Alim – Maha Mengetahui / Berilmu)

20. Menyikapi setiap keadaan yg terjadi pada kita, mau berpikir positif atau berpikir negatif kedua2nya benar monggo mw pilih yg mn..bahkan Allah ikut mendukung pikiran kita..kl kita berpikir positif, mk Allah akn bantu kita melapangkan rezeki..kl kita pilih berpikir negatif, mk Allah pun bantu kita menyempitkan rezeki. (Al Qabidh – Maha Menyempitkan)

21. Seorang pasien yg divonis usianya hanya 4 bulan karna kanker ganas stadium 4. Karena dia berserah diri pada-Nya, maka tubuhnya membentuk mekanisme psikoneuroimmunologis dmn imun dlm tubuh mmperoleh power up karna berpikir positif. Dgn imun tsb, kanker stadium 4 yg mustahil diberantas pun dpt disembuhkan. Sesuatu kondisi yg sempit dpt dgn mudah berbalik luas ketika berserah diri padaNya. (Al Basith – Maha Meluaskan)

22. Kesombongan masa muda akan dijatuhkan dg kondisi kita kelak di masa tua. Kegagahan akan terendahkan oleh kerentaan. Keperkasaan akan tertelan penuaan. Secara fisik kita akan direndahkan oleh Nya, dg kondisi organ-orga tubuh yg smkn berkurang fungsinya tdk sebagaimana mestinya. Namun, kerendahan fisik tdk akan diikuti oleh kerendahan derajat kita, yaitu bagi orang2 yg beriman.
(Al Khafidh – Maha Merendahkan)

23. Perintah islam kpd wanita utk berhijab trnyata tidak sembarang nyuruh. Ternyta tubuh manusia menghasilkan kelenjar apocrine sbg penghasil feromon, yaitu zat kimia utk memikat lawan jenis, spt parfum yg menyebar via udara tp tdk terdeteksi baunya. Kalau wanita tdk berhijab, feromon dpt lbh bebas terpancar dan cukup mampu mmbuat pria tergiur krn fisik semata. Perintah jihab bertujuan agar calon pasangan wanita mmberikan cinta yg sebenar-benarnya dg metode meminimalisasi feromon yg terpancar. Begitulah cara Nya untuk meninggikan derajat wanita muslim.
(Ar Rafi – Maha Mengangkat)

24.25 Ada sebuah hal yg dilakukan oleh manusia, namun bisa memberi kemulian atau kehinaan kpd manusia. Cinta. Ketika komitmen bersama dlm sebuah ikatan pernikahan, mk cinta, apapun yg dilakukan akan mmberi kemuliaan. Diluar pernikahan itu, mk cinta apapun yg dilakukan akn mmberi kehinaan. Itulah ketetapan Nya. (Al Mu’izz/Maha Memuliakan – Al Mudzill/Maha Menghinakan)

26. Keterbatasan gendang telinga manusia yg hny mmpu mndgr pd frekuensi 20-20.000 Hz patut disyukuri. Sebab akn sgt repot jika manusia bs mndengar suara semut brjln, suara darah mngalir, suara ototny brkontraksi, dan suara2 lain yg frekwnsiny sgt rendah. Untuk suara2 demikian, bahkan suara yg brfrekuensi quantum spt suara hati stiap org hny Dia yg mmpu mndengar. Shingga tdk akan ada doa yg tdk didengar, tdk akan ada pujian harapan dan keinginan yg tdk smpai pada Nya walau msh di dalam hati saja. (As Sami’ – Maha Mendengarkan)

27. Pernyataan bhwa manusia itu tdk bs melihat baik buruk yg sbnrnya, Allah lah yg tau mn yg baik, trnyata bisa dilogikakan. Kedua mata manusia saja, selalu mengalami anomali. Ktk mata melihat sebuah pohon dr kejauhan, tampak spt pohon yg tingginya 2m, tp trnyt lbh dr itu. Jika kita memahami proses itu, mk kita akn yakin bahwa boleh jd apa yg dilihat manusia baik itu buruk di mata Dia, dan yg dilihat manusia buruk itu baik di mata Dia. (Al Bashir – Maha Melihat)

28. Sunatullah sudah ditetapkan dan tdk akan brubah. Bbrp hukum yg dikenal spt Hukum Ohm, Hukum Archimedes, Hukum gravitasi, dll sebenarny adl hukum yg telah Allah tetapkan sbg sunatullah utk mmberikan ketenangan dan kenyamanan hidup. (Al Hakam – Maha Menghukum)

29. Keadilan itu tdk harus brarti mmbagi sama rata, namun ia adl pnmpatan yg sesuai. Kulit tdk hrs mndpt supply darah yg byk sprti otot atau tulang. Bygkan jika pd kulit trdpt supply darah, mk tampilan manusia akn mjd merah dan menakutkan. (Al Adl – Maha Adil)

30. Ketika anda msh blm trbntuk di dlm rahim ibu, plasenta lah pelindung anda. Nutrisi2 dr ibu Anda disedot, tp penyakit tdk ikut masuk krn plasenta. Zat2 sisa Anda pun diambil ibu dan mngalir k dlm darah ibu. Kelembutan perhatian dr plasenta ibu adl slh 1 cerminan sifat Nya.
(Al Lathif – Maha Lembut)

31. Dlm dunia kedokteran ada slogan “medical is long life learning”, ilmu kedokteran adalah pmbelajaran smp akhir hayat. Karna mmg sbnrny pmeriksaan yg dilakukan oleh alat2 kdokteran tdk ada yg 100% tepat. Untuk itu dokter mlakukan byk anamnesa thd pasien utk sekadar ijtihat mndiagnosis pnyakit. Sebab mmg msh byk ‘area hitam’ yg blm dketahui drpd ‘area putih’. Dokter bkn brarti manusia yg sudah memiliki segala ilmu ttg pnyakit. Hnya Dia yg punya. (Al Khabir – Maha Memiliki Segala Ilmu)

32. Wanita adl makhluk yg tdk diciptakan dg terburu2, tp mlalui proses yg lembut. Pertumbuhan wanita pun demikian. Saat msh dlm kandungan, otakny tdk dibanjiri oleh hormon testosteron, sehingga saraf sosialny mjd sgt peka. Usia wanita yg plg ideal mjd ibu pun jika sudah di atas 20th. Krn kl dibawah 20th, sistem rasionalitas otak (prefrontal cortex) baru mulai brkembang dasyat. Dampakny krn proses yg tdk terburu2 td, saat tiba waktuny, wanita mjd makhluk yg lembut dan santun, yg merupakan warisan dr sifat Nya. Dia yg selalu tdk terburu2 mnjatuhkan sanksi kpd makhlukny yg melanggar, tp mmberikan penundaan utk mmberi kesempatan berintrospeksi. (Al Halim – Maha Penyantun)

33. Otak kita sungguh luar biasa. Wlpn lunak spt tahu, tp otak mampu ‘menyimpan’ kehidupan. Tersusun atas 100 miliar sel saraf. Terbentuk mjd 10 pangkat 15 jumlah sinapsis, jml yg melebihi jml bintang di langit. Wajar sj jika bayangan ttg alam semesta yg sgt luas ini bisa masuk k otak, potensi kita trnyt tdk terbatas. Namun 1 hal yg tdk bisa digapai oleh otak, yaitu menggapai-Nya, krn sifatny yg begitu amat tinggi melebihi segala yg agung. (Al Azhim – Maha Agung)

bersambung ke Asmaul Husna Pemahaman Makna Dalam Kehidupan bagian kedua

Wallahu a’lam
Sumber: Dinar Rafikhalif.