Tag

Assalamualaikum

Pernah tidak Anda minum air comberan? Saya yakin jawabannya tidak pernah. Sebab kita semua tau sifat air comberan adalah kotor dan membawa penyakit. Sehingga jika kita nekat minum air comberan kemudian sakit, maka yang disalahkan bukan comberan itu melainkan akal sehat kita.

Pernah tidak kita bermain bola? Kalau kita perhatikan bola terbuat dari kulit atau plastik, bahan yang sifatnya empuk. Mengapa tidak pabrik membuat bola yang terbuat dari batu atau kayu? Jelas karena bahan itu sifatnya keras, kalau kita tendang maka kaki kita akan sakit. Dan kalau kita nekat menendang batu atau meja, tentu diri kita sendirilah yang sakit, oleh karenanya kita memahami sifat benda tersebut maka kita memilih untuk tidak menendang-nendang mereka.

Ilustrasi yang sangat sederhana sekali di atas akan mengantarkan pemahaman yang lebih mendalam lagi akan betapa pentingnya memahami sifat-sifat Allah yang tercantum dalam Asmaul Husna.

Dengan memahami sifat-Nya secara menyeluruh, kita bisa lebih memahami bagaimana hidup itu sebenarnya. Kita bisa memahami mengapa terkadang segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana atau bahkan kadang berjalan lebih luar biasa daripada rencana, karena itu adalah bagian dari sifat Allah, Yang Maha Adil, keadilan menurut Allah berbeda dengan keadilan menurut manusia.

Mengapa semakin kita mengeluh terhadap suatu keadaan, justru biasanya keadaan akan semakin memburuk. Itu adalah salah satu bentuk dari Keperkasaan dari Al Aziz, siapa yang berani melawan atau kufur atas nikmat-Nya maka bersiaplah menerima risiko. Sedangkan mengapa bersyukur itu bisa menambah nikmat? Itu karena kemurahan dari As-Syakur Sang Maha Menerima Syukur.

Ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya, Misteri Pemahaman Makna Asmaul Husna bagian pertama.

———————————-

34. Mungkin setiap menit kita produktif skali dlm mghslkn dosa. Spt metabolisme dlm tubuh, yg stiap saat trjd dlm tubuh manusia dan mghslkn zat sisa. Untungny, dlm tubuh manusia ada organel pmbersih yaitu lisosom. Shg zat sisa tsb dpt diproses utk dikeluarkan dr tubuh. Kl tdk dkeluarkan, bs mjd racun bg tubuh. Spt dosa kita yg menggunung stiap menitny, jika tak ada Dia niscaya kita bkl repot teracuni oleh dosa2 kita.
(Al Ghafur – Maha Pengampun)

35 Manfaat donor darah bg pendonor: mmbantu peremajaan sel darah, sumsum tulang akn sgt aktif mmproduksi sel darah muda, jaminan jantung yg lbh sehat, jantung yg terhindar dr risiko kematian. Inilah bukti hadiah bhw Allah pun jg bersyukur ktk ada manusia yg mw berbagi.
(As Syakur – Maha Menerima Syukur)

36 Otak manusia trnyt beda2 tipis dg otak binatang. Perbedaanny hny pada bagian cerebral cortex yg tebal, selain itu sama. Makany manusia jg mmiliki sifat kebinatangan. Hny krn cerebral manusia lbh tebal, manusia lbh mmiliki nurani, intelektual, yg mmbedakan dg binatang n mmbuat manusia sbg makhluk plg tinggi kedudukanny. Tp tanpa cerebral, manusia mjd sejajar binatang. Hanya Allah yg mutlak maha tertinggi.
(Al Aliyy – Maha Tertinggi)

37 Usus halus manusia yg fungsiny utk mnyerap sari makanan trnyt jika diiris scr melintang luas prmukaanny bs sebesar 0,02 hektare. Karena usus halus sbnrny bag dlmny trdiri dr lekukan2, bkn spt pipa polos yg bolong. Lekukan2 itu pun tersusun dr vili, berupa lekukan yg lbh kecil lg. Jadi kl dibentangkan, usus halus manusia prmukaanny sgt luas agar pnyerapan nutrisi mknn mjd lbh maksiml. Tanah seluas 0,02 hektare pun trnyt bisa muat d dlm perut, ini bukti kebesaran dr sifat Allah.
(Al Kabir – Maha Besar)

38 Suhu tubuh manusia yg tidak terpelihara bs mmbuat manusia tdk bs hidup lama2. Bygkn sj kalau ktk manusia brada d tmpt dg suhu 25 lalu suhu tubuh jg ikut 25, atau saat mlm tubuh mjd ikut dingin, siang tubuh jd panas. Tp knyataanny suhu tubuh normal ttp terpelihara antr 36,5-37,5 brppun suhu lingkungan. Sifat Allah yg maha memelihara diwariskan ke sel saraf pd kulit ruffini dan krause sbg detektor suhu lingkungan utk mmelihara suhu tubuh.
(Al Hafizh – Maha Memelihara)

39 Kemampuan “human torch” pada fantastic-4 si manusia api mmg mgkn trjadi pada manusia. Karna dlm setiap sel tubuh manusia mengalami proses katabolisme, yaitu memotong zat2 raksasa mjd zat yg lbh kecil. Sebuah kepastian yg selalu dilakukan sel tubuh. Jika trs begitu, bisa2 tubuh manusia lama2 mjd hangus tak bersisa. Maka, katabolisme sll diimbangi oleh anabolisme, yaitu proses konstruktif, kemampuan untuk membangun kembali. Sel tubuh melakukan aktivitas2 yg memang diperlukan untuk kelangsungan hidup tubuh.
(Al Muqit – Maha Pemberi Keperluan)

40 Setiap qt menarik nafas lalu menghembuskan lg dg mudahnya, trnyata di dalamnya ada byk skali perhitungan yg rumit. Mulai dari perhitungan brp tekanan udara dr luar tubuh n dlm paru2 agar udara bisa masuk, perhitungan komposisi gas udara yg bisa mudah menembus alveoli k dlm darah, perhitungan ketebalan dan luas alveoli itu sndiri agar oksigen bisa berdifusi menuju aliran darah, dan perhitungan2 rumit lainnya yg manusia tdk akan bisa seakurat itu memperhitungkannya agar sistem respirasi selalu dalam keadaan baik.
(Al Hasib – Maha Menghisab / Maha Menghitung)

41 Darimana datangny perasaan?wlpn otak adl pusat dr sgalany, tp otak tdk mmiliki sel yg tugasny mmberi isyarat bhwa kita mlihat sesuatu yg “indah” atau tdk..otak hny mnerjemahkan apa yg dilihat, bau yg dihirup, suara yg didengar, tp kok qt bs menilai bhwa itu “indah”. Perasaan inilah yg mmbuat manusia mjd makhluk yg luhur. Hnya yg maha luhur yg mmberikan perasaan ini.
(Al Jalil – Maha Luhur)

42 Seperti kisah Rasul yg mmberi makan org buta yg srg meludahi dan memaki Rasul, itulah liver. Setiap saat liver qt “diludahi” oleh anggota2 tubuh yg lain. Sisa metabolisme dilempar k liver. Hormon dan obat2an usang dilempar k liver. Zat racun sisa sel darah merah dilempar k liver. Tp liver ttp dg ikhlas mendetoksifikasi zat2 sisa tsb utk dibuang…organ yg mulia, spt sifat Rasul, spt jg sifat dari Nya.
(Al Karim – Maha Mulia)

43 Pemeriksaan Elektrokardiograf (EKG) kondisi kelistrikan jantung kita dilakukan dg menyadap listrik dr 8 tempat di tubuh manusia, karna dokter tidak bisa mmberikan penilaian bila dr 1 sisi saja. Pemeriksaan amal perbuatan manusia jg dilakukan dr 2 sisi, kanan oleh malaikat raqib utk amal kebaikan, kiri oleh atid utk keburukan, Pengawasan dari Nya adl pengawasan yg plg sempurna, mengawasi utk memelihara yg diawasi, bkn utk mencari2 kesalahan manusia. Niat baik lgsg dicatet, sdgkn niat buruk tdk lgsg dicatet.
(Ar Raqib – Maha Mengawasi)

44 Pernahkah setiap hari qt berdoa agar jantung qt selalu berdetak sbgmn mstinya. Agar sll mndapat oksigen di setiap tarikan nafasnya. Agar saluran darah yg terhubung ke jantung selalu sehat dan tidak mampet. Sepertinya jarang atau hampir tidak pernah berdoa spt itu. Namun smp sekarang alhaamdulillahnya kondisi itulah yg qt rasakan. Doa yg tidak kita mohonkan saja dikabulkan oleh Nya, apalagi yg kita minta setiap saat.
(Al Mujib – Maha Mengabulkan Doa)

45 Di dalam dada manusia tersimpan sebuah organ yg luasnya seluas lapangan tenis. Yaitu alveolus, sebuah gelembung2 kecil yg berukuran hanya 250 mikrometer dan sangat lembut dan tipis sbg tempat pertukaran udara di dalam darah. Pun begitu, alveolus di dlm paru2 jumlahny bisa mencapai 300.000.000 sehigga luas total permukaan seluruhnya bs mncapai 0,01 hektare atau seluas lapangan tenis. Pantas saja tubuh qt tdk prnah kekurangan supply oksigen yg masuk. Tidak menyangka kan bhwa dada manusia saja bisa mnyimpan organ yg begitu luas. Apalagi Yang Maha Kuasa.
(Al Wasi – Maha Luas)

46 Masing2 organ dlm tubuh manusia punya sifat msg2 baik yg asam maupun basa. Lambung manusia misalnya, jelas bersifat sangat asam. Sedangkan usus yg punya tugas pencernaan makanan setelah lambung punya sifat yg sangat basa. Untuk menghindari perubahan extrem dari asam ke basa, diperlukan buffer atau penyangga. Dalam tubuh, buffer tersebut diperankan oleh darah. Sehingga darah berkebijakan untuk mencegah terjadinya acidosis (kelebihan asam) atau alkalosis (kelebihan basa). Kebijaksanaan yg tersimpan dlm bntuk ion. Dengan bijaknya, darah mengontrol pH tubuh kita. Sebuah sifat yg terwariskan dari sifat Allah.
(Al Hakim – Maha Bijaksana)

47 Begitu muliakah cinta antara sepasang suami istri di mata agama. Begitulah, manusia scr biologis dikaruniai hormon2 pengatur libido yg dpt berpotensi meningkatkan nafsu. Untuk membedakan dg binatang, manusia diberi akal utk berpikir, dmn akal tsb semestinya dapat digunakan utk membedakan antara cinta dan nafsu. Tidak ada alasannya cinta, ketika manusia berzina di luar pernikahan. Sudah akan menikah pun, agama mmberikan walkthrough agar pernikahan dua manusia bnr2 berlandaskan cinta, bukan nafsu. Saking pedulinya dg kesucian cinta, Allah menegaskan bahwa salah satu kategori manusia yg mati syahid ialah ketika suami mati saat berkumpul dg istrinya, karna Allah ialah zat yang maha mencintai, maha cinta.
(Al Wadud – Maha Mencintai)

48 Manusia yg mrpkn makhluk yg paling mulia trnyata tubuhny tersusun atas mayoritas air. Otak manusia lembut bagai tahu krn tersusun atas air. Darah, sbgn bsr tersusun dari air agar laju pergerakan distribusi oksigen mjd lbh cpt. Bahkan sel tubuh kita, hampir seluruhnya terdiri dari air, organel2 sel hanya berenang2 di dalamnya. Air sendiri, trnyata terdiri atas kristal2. Ketika air menerima perlakuan2 negatif maka kristal tsb mmbentuk pola yg tdk beraturan. Sgkn saat diperlakukan dg baik mk kristal akan mmbentuk pola2 yg teratur. Itulah sebabny mgp manusia diwajibkan sll berpikir positif, sebab tubuh manusia terdiri dari air. Begitu mulianya air, sehingga mmpu memuliakan tubuh manusia. Itulah perwakilan dari sifat dr yg maha kuasa.
(Al Majid – Maha Mulia)

49 Kloning merupakan bentuk perkembangan teknologi untuk membangkitkan makhluk yg baru. Sel yg diambil sebagai bahan kloningan ialah sel punca, yaitu sel yg masih muda, karna dy msh netral dan berpotensi berubah mjd sel apa saja sesuai yg diharap. Sel punca pd manusia biasa diambil dr sumsung tulang. Sehingga cm bermodal sumsum tulang saja, kl mau, bisa dikloning seorang manusia baru. Sprti janji Allah, walaupun manusia sudah hancur jasad sekalipun sisanya hanya tulang belulang, di hari kebangkitan kelak jasad kita akan kembali utuh.
(Al Ba’its – Maha Membangkitkan)

50 Obat-obatan yg diberikan dokter kpd setiap orang berbeda-beda. Karna tiap orang memiliki sensitifitas yg berbeda wlpn sakit yg diderita sama. Bgmn tubuh bereaksi thd obat pun berbeda-beda antr bgian tubuh 1 dg yg lain. Reaksi absorbsi pd obat yg diminum, yg dioleskan ke kulit, yg diinfuskan ke pembuluh darah, mmpunyai kecepatan reaksi yg berbeda. Mana dosis yg tepat, mn jenis obat yg tepat, dokter hnya bisa berikhtiar dan bertawakal agar obat pilihannya benar2 tepat. Sebab dokter hny manusia biasa, tdk bisa mengawasi segala kejadian yg ada pd tubuh manusia. Hanya yang Maha Mengawasi yg mengetahui segala yg terjadi di dunia ini.
(Asy Syahid – Maha Menyaksikan)

51 Ada sebuah penyakit yg membalikkan fungsi otak yang semula mendengar menjadi melihat, melihat menjadi mendengar, adalah penyakit sinertesia. Fungsi melihat seharusnya diperankan oleh otak oksipital, sedang fungsi mendengar oleh otak temporar. Di antara keduanya terdapat thalamus yg berperan mengantarkan rangsangan dr luar menuju oksipital atau temporar. Penyakit sinestesia membuat fungsi thalamus buyar. Lukisan, yg seharusnya dilihat malah jadi didengar. Musik yg seharusnya didengar malah dilihat. Nilai persepsi kebenaran manusia dari sebuah suara atau gambar saja hanya hasil terjemahan dr otak, itupun bisa tidak valid. Maka tidak pantaslah kl manusia merasa dirinya yg paling benar. Hanya yang Maha Benar.
(Al Haqq – Maha Benar)

52 Ketika di dalam rahim, betul2 ada Dzat yg sangat kita andalkan. Proses pembentukan tubuh manusia beserta organ2nya prlu melalui mekanisme2 rumit yg sangat berisiko gagal. Bahkan smp sekarang pun demikian, ada Dzat yg sangat kita andalkan dlm hidup kita. Dzat yg mempertahankan kandungan oksigen di udara, yg mmpertahankan jantung utk berdetak setiap detik, sehingga tubuh kita bisa seperti ini seutuhnya. Cukuplah Dia pelindung kita. Sebaik2 wakil yg kita dambakan dan penolong yg kita harapkan.
(Al Wakil – Maha Mewakili)

53 Mitos pemarah bisa menyebabkan jantungan rupanya bkn sekedar mitos. Orang pemarah, mudah stress, dan kurang bersyukur byk mngeluarkan hormon2 stress spt kortisol. Efeknya mmbuat jantung bekerja lbh keras. Padahal, suppy oksigen yg dibawa darah ke jantung jmlhnya tdk mngalami penambahan. Tdk seimbangnya supply dan demand tsb mmbuat rasa perih di dada bgian kiri. Jika srg2, bisa mnyebabkan jantung tdk sehat atau jantungan. Orang2 yg berani tidak bersyukur atas nikmat Nya, akan ada gertakan2 kecil smcm itu, sbg isyarat agr mreka berubah, sebab siksaan yg sangat sesungguhnya atas orang yg kufur nikmat jauh lbh pedih. Sebab Dia lah Yang Maha Kuat.
(Al Qawiyy – Maha Kuat)

54 Tulang belakang manusia dlm bhs arab dsbt matin, yg artinya kokoh. Mmg benar, tlg blkg yg beratnya tdk smp 7 kg trnyt bisa menyokong berat tubuh yg beratnya mncapai 60 ke atas. Desain tlg blkg yg mlengkung dan tdk lurus mmbuat beban tubuh terbagi sama rata antara ruas tulang 1 dg yg lain. Di antara ruas2 itu trdpt bantalan intervertebralis yg berfungsi mengurangi tekanan ruas 1 dg lain, sehingga bisa lbh lentur. Tp seiring brtmbh usia, bantalan itu lama2 tdk elastis. Mk tdk jrg org2 tua yg mengalami encok. Jd wlpn tlg blkg disebut matin, tetap saja dy tdk kokoh abadi. Hny Yang Maha Kukuh yg abadi.
(Al Matin – Maha Kukuh)

55 Kesadaran pada manusia mmbuat manusia selalu terlindungi dari bahaya di sekelilingnya. Bayangkan jika tanpa kesadaran, mungkin berjalan kaki saja bisa jatuh ke lubang. Tubuh manusia yg begitu besar ini terlindungi oleh kesadaran yg ternyata bentukannya sgt kecil, yaitu di balik batang tengkorak, di balik tulang leher. Bagian tubuh sekecil itu mampu melindungi seluruh tubuh, tentunya dengan campur tangan perlindungan dari yang di atas.
(Al Waliyy – Maha Melindungi)

56 Salah satu tanda manusia yg memiliki sifat terpuji ialah yg mampu mengorbankan dirinya sendiri utk org lain. Manusia yg mmiliki sifat demikian mgkn sgt jarang ditemui. Padahal, setiap sel pd tubuh manusia memiliki sifat yg demikian. Sel manusia mengalami proses apoptosis, dmn sel2 yg merasa dirinya sudah tua “berjihat” menghancurkan diri agar sel2 muda dpt memiliki ruang. Bayangkan jika tdk begitu, kulit manusia yg sel2nya selalu tumbuh akn mjd kulit badak krn terlalu tebal. Parahnya lg dpt menyebabkan kanker kulit, yaitu pertumbuhan yg tdk terkontrol pd sel2 kulit. Sungguh terpuji sifat sel kulit, harusnya manusia bisa meniru, salah satu pencerminan dr sifat yg maha terpuji.
(Al Hamid – Maha Terpuji)

57 Rumus matematika yg luar biasa rumit justru ada dlm tubuh kita. Setiap kilogram manusia mengandung skitar 1 triliun sel. Dalam sel sendiri terdapat kromoson yg begitu kecilnya. Di dalam kromoson sendiri terdapat kode2 genetik yg terkombinasi dr huruf S,G,A,T mjd SGA,ATS,AST,dll. Kurang cermat perhitungan kombinasi 1 huruf saja, SGA mnjd SGT, bs mnyebabkan kelainan pembentukan organ2 tubuh. Berarti ada berapa ratus triliun kombinasi kode genetik pd satu kilogram tubuh manusia ini. Jmlh itu msh dikalikan dg berat badan kita. Ajaibnya, tidak ada satu organpun pd kita yg mengalami kelainan. Alhamdulillah, sungguh bukti kecermatan yang luar biasa dr sang Maha Menghitung.
(Al Muhshi – Maha Menghitung)

58 Tidak ada seniman yg murni menciptakan karya yg orisinil tanpa melihat yg ada sebelumnya. Bahkan pembuat komik pun, wlpn mnciptakan monster yg baru setiap episodenya, selalu mencontoh makhluk yg sudah2, kepala di atas, kaki di bawah. Hanya Yang Maha Memulai yg mampu menciptakan sesuatu pertama kali tanpa ada contoh sebelumnya. Sudah brp banyak jumlah manusia yg hidup semenjak Nabi Adam. Tentunya, sidik jari mereka pun berbeda-beda. Bahkan, pasangan yg kembar identik pun, sidik jarinya berbeda. Ini adl bukti originator dr yang maha kuasa.
(Al Mubdi’ – Maha Memulai)

59 Setiap hari rata2 manusia mandi 2 kali. Setiap mandi, sebenarnya kotoran dan beberapa lapisan terluar dari kulit epidermis ikut terkikis air. Untungnya, lapisan terluar/tanduk tsb ialah lapisan yg sel2nya telah mati. Jika msh hidup, bisa2 kulit berlumuran darah tiap slesai mandi. Sebelum lapisan tanduk smpt menipis, lapisan terdalam epidermis cepat2 membelah lagu menggantikan posisi dr lapisan yg ada di atasnya. Pergantian sgt rapih itu jg terjadi saat kulit terluka. Kulit plg atas yg terkelupas akan segera terganti oleh kulit baru yg ada di bawahnya. Mekanisme ajaib dari Zat Yang Maha Mengembalikan.
(Al Mu’id – Maha Mengembalikan)

60 Tidak ada manusia yg bisa benar2 tepat ketika mendefinisikan kata “hidup”. Yg bisa manusia lakukan hanya menentukan bahwa makhluk itu hidup atau mati. Jika hidup dan mati adalah sebuah hal yg berkebalikan maka tidak mgkn sesuatu yg sudah mati bisa menjadi hidup kembali. Tapi nyatanya bisa. Sebuah sel biasa disebut dg satuan terkecil yg hidup. Sel A, yg kehilangan salah satu komponennya saja, misal inti sel A, mk sel A tsb mjd tidak hidup. Bgt pula inti sel B, jika dikeluarkan dr sel B, mk inti sel B tdk bs dsbt hidup. Tapi saat sel A dimasuki inti sel B, mk sel tsb bisa kmbali hidup. Itulah kloning. Benda mati dan mati menghasilkan makhluk hidup. Sungguh misteri yg tdk akan dimengerti manusia. Bagaimana mgkn manusia bisa memberi kehidupan jika manusia sndiri tdk mengerti apa itu hidup. Maka jgn pernah menggantungkan hidup kpd manusia, cukuplah kpd Zat yang Maha Memberi Kehidupan.
(Al Muhyi’ – Maha Menghidupkan)

61 Nyawa itu sangat mahal harganya, tapi ironisnya kematian sangat mudah ditimbulkan dari hal2 yg sepele. Cukup sediakan jarum suntik dan suntikkan udara kosong ke pmbuluh darah. Cukup sediakan 3 pukulan tangan ke arah perut. Cukup dg tidur berlebih. Cukup dg pukul keras2 leher belakang. Cukup dg perbanyak merokok. Cukup dg perbanyak narkoba. Kematian mmg begitu dekat dg manusia. Sudah seharusnya manusia selalu bersiap. Sebab Dia memang Yang Maha Mematikan.
(Al Mumit – Maha Mematikan)

62 Menentukan hidup matinya suatu makhluk mmg mudah, namun scr harfiahnya sulit. Orang yg hidup, tp dia tidak melakukan hal bermanfaat apapun dia bisa dikatakan mati. Sedangkan yg sudah mati, namun saat hidup byk melakukan hal bermanfaat smp skrg ini bisa disebut dia msh hidup. Bahkan Allah memerintahkan kpd kita utk menyebut orang2 yg gugur syahid di jalan Allah adl orang2 yg hidup selamanya. Jadi sgt sulit menjudgement sesuatu itu hidup atau mati. Satu hal yg pasti selalu hidup, ialah Zat Yang Maha Hidup, selamanya.
(Al Hayy – Maha Hidup)

63 Manusia adl makhluk lemah yg tdk akan bisa berdiri sendiri. Ketika sendirian pun manusia tdk bisa benar2 sendiri, minimal utk mnjaga kesehatan manusia mmbutuhkan makhluk lainnya. Di dlm tubuh manusia trdpt byk bakteri2 yg berperan dlm proses pencernaan makanan, memperkuat sistem imun, dll. Manusia paling kuat dan berotot sekalipun tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa mereka. Yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan yg lain hanya Dia.
(Al Qayyum – Maha Berdiri Sendiri)

64 Sudah puluhan thn indonesia mndapat peringkat papan atas negara penderita TBC, tp belum jg ditemukan obatny yg plg tepat. TBC mnjadi penyakit yg terabaikan dan tersendat-sendat, sebab mgkn penelitiannya krg mnguntungkan scr bisnis krn TBC biasany hnya mnyerang gol ekonomi kebawah. Keterbatasan dana dan waktu jg brdampak besar thd penelitian. Ahli kesehatan disibukkan oleh makhluk imut yg satu ini. Keterbatasan ilmu manusia sgt berdampak pd keterbatasan dlm menemukan sesuatu. Namun bagi yg maha kuasa, pasti sangat mudah bagi Nya jika utk menemukan obat yg sakti itu.

(Al Wajid – Maha Menemukan)

bersambung…

Wallahu a’lam