Tag

image

KAPAL merupakan alat transportasi laut yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Orang yang membuat kapal ini merupakan salah seorang yang terbilang cerdas. Karena jarang sekali orang yang berpikir untuk membuat hal semacam itu. Namun, pada dasarnya kecerdasan manusia itu berasal dari Allah. Termasuk dalam hal pembuatan alat transportasi ini.

Di dalam al-Qur’an, Allah telah menjelaskan mengenai kapal tersebut. Firman Allah SWT, “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung,” (QS. Asy-Syuuraa ayat 32).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kapal yang sering kita lihat di laut merupakan tanda kebesaran Allah. Orang yang membuat kapal itupun merupakan orang yang di anugerahi ilmu oleh Allah. Maka, kita tidak boleh sombong apabila telah berhasil menciptakan sesuatu. Karena pada dasarnya itu merupakan anugerah dari Allah.

Allah SWT berfirman, “Kapal yang berlayar di laut dengan muatan yang bermanfaat bagi manusia,” (QS. al-Baqarah: 164).

Dalam ayat itu menjelaskan bahwa Allah menciptakan sesuatu tidak cuma-cuma. Maksudnya, setiap apa yang Allah ciptakan pasti memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya dengan kapal ini. Kapal sangat bermanfaat sekali bagi manusia. Dengan adanya kapal, manusia akan mendapatkan keringanan dalam bepergian yang melintasi lautan dari suatu daerah ke daerah lain.

Masih ingatkah kalian tentang kisah nabi Nuh? Ya, dari kisah nabi Nuh inilah kita dapat mengetahui secara pasti dan jelas mengenai kapal. Allah memerintahkan nabi Nuh untuk membuat kapal. Sehingga nabi Nuh pun membuatnya.

Nabi Nuh membuat kapal, tidaklah dibuat oleh kemampuannya sendiri. Ini semua karena adanya Allah yang menggerakkan dan memberikan ilmu kepada nabi Nuh. Sehingga kapal tersebut dapat terselesaikan. Jadi, dapat kita ketahui bahwa Allah sudah menjelaskan mengenai kapal yang berlayar di laut. Melalui kitab suci umat Islamlah, Allah menjelaskannya secara jelas dan terbukti kebenarannya. [rika/islampos]