Tag

, , ,

image

Allah SWT berfirman:

وَمَا تَكُونُ فِى شَأْنٍ وَمَا تَتْلُوا مِنْهُ مِنْ قُرْءَانٍ وَلَا تَعْمَلُونَ مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا إِذْ تُفِيضُونَ فِيهِ ۚ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى الْأَرْضِ وَلَا فِى السَّمَآءِ وَلَآ أَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ أَكْبَرَ إِلَّا فِى كِتٰبٍ مُّبِينٍ
“Dan tidaklah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur’an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di Bumi maupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”
(QS. 10. Yunus: ayat 61)

Perusahaan komputer IBM telah membuat Film dengan partikel Atom yang masuk dalam the Guinness World Records™ untuk katagori the World’s Smallest Stop-Motion Film (cara pembuatan lihat disini  http://youtu.be/xA4QWwaweWA).

Kemampuan pergerakan  atom — partikel terkecil setiap element di Universum —sangat penting di penelitian IBM dalam bidang atomic memory. Dalam pembuatan film tersebut para peneliti IBM menggunakan scanning tunneling microscope untuk menggerakkan ribuan carbon monoxide molecules, film tersebut dapat dilihat bila diperbesar 100 juta kali. Sebuah film dibuat dengan Atom.

Peneliti University of California Los Angeles menemukan cara untuk rekonstruksi detail 3D dari platinum nanoparticles dalam atomic skala. Methode ini digunakan untuk meneliti pergerakan structural irregularities disebut dislocations.

Sumber:

Iklan