Matematika Dasar Sedekah

Apa yang kita lihat dari matematika di bawah ini?

10 – 1 = 19

Pertambahan ya? Bukan pengurangan?

Kenapa matematikanya begitu?
Matematika pengurangan darimana?
Koq ketika dikurangi, hasilnya malah lebih besar?
Kenapa bukan 10-1 = 9?

Inilah kiranya matematika sedekah. Dimana ketika kita memberi dari apa yang kita punya, Allah justru akan mengembalikan lebih banyak lagi.
Matematika sedekah di atas adalah  matematika sederhana yang diambil dari QS Al-An’aam: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik.

“Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS Al-An’aam, 6: 160)

Jadi, ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 di antara yang sepuluh itu, maka hasil akhirnya bukan 9,melainkan 19. Sebab yang satu yang kita keluarkan, dikembalikan oleh Allah sepuluh kali lipat.Hasil akhir atau jumlah akhir bagi mereka yang mau bersedekah tentu akan lebih banyak lagi, tergantung Kehendak Allah. Sebab Allah juga menjanjikan balasan berkali-kali lipat lebih dari sekedar sepuluh kali lipat. Dalam QS Al-Baqoroh ayat  261, Allah menjanjikan 700 kali lipat.
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS Al-Baqoroh, 2: 261)

 Tinggallah kita yang kemudian membuka mata, bahwa pengembalian Allah itu apa bentuknya.  Bukalah mata hati dan kembangkan ke-husnudzdzan-an atau positif thinking ke Allah, bahwa Allah pasti membalas dengan balasan yang pas buat kita.

Memberi Lebih Banyak, Menuai Lebih Banyak

Kita sudah belajar matematika dasar sedekah, dimana setiap kita bersedekah Allah menjanjikan minimal pengembalian sepuluh kali lipat (walaupun ada di ayat lain di manaAllah menyatakan akan membayar 2 kali lipat).

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat”. (QS Al-Baqoroh, 2: 265).
Atas dasar ini pula, kita coba bermain-main dengan matematika sedekah yang mengagumkan. Bahwa semakin banyak kita bersedekah, ternyata betul Allah akan semakin banyak juga memberikan gantinya, memberikan pengambalian dari-Nya.Coba lihat ilustrasi matematika berikut ini:
Pada pembahasan yang lalu, kita belajar:10 – 1 = 19. Maka, ketemulah ilustrasi matematika ini:

10 – 2= 28
10 – 3= 37
10 – 4= 46
10 – 5= 55
10 – 6= 64
10 – 7= 73
10 – 8= 82
10 – 9= 91
10 – 10= 100

Menarik bukan? Lihat hasil akhirnya? Semakin banyak dan semakin banyak. Sekali lagi, semakin banyak bersedekah, semakin banyak penggantian dari Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa`at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang dzalim”. (QS Al-Baqoroh, 2: 254)

Mudah-mudahan Allah senantiasa memudahkan kita untuk bersedekah, meringankan langkah untuk bersedekah, dan membuat balasan Allah tidak terhalang sebab dosa dan kesalahan kita.

Insya Allah. Amin ya Robbal Alamin.

Sumber: An Introduction to The Miracle of Giving: Keajaiban Sedekah, karya Ust. Yusuf Mansur.
About these ads

One thought on “Matematika Dasar Sedekah

  1. Saudaraku,bagaimana dg matematika jadi 700 kali lipat ? Bagaimana dg melawan perasaan hati untuk yaqin di balas ? Bagaimana belajar secara ilmiah ttg proses keyakinan,atau harus latihan,atau belajar cara berserah diri di bls ya ga di balas ya sudah atau bisakah kita sedekah satu org pun tdk ada yg tau dan hanya allah yg tau tp kita dlm bilang ya allah sy sedekah 10 juta nih satupun ga ada yg tau hanya engkau yg tau,tlg di balas 10 juta kali 700 ya ya allah.bisakah begitu. Tks salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s